Data Pribadi Saya

Nama Pemilik: Ig Fandy Jayanto

Alamat Rumah: Seputih Banyak, Kab. Lampung Tengah


Riwayat Pendidikan:

SD N 1 Sumber Baru
SMP N 1 Seputih Banyak
SMA Paramarta 1 {jurusan Ipa 1}
S1 di UM Metro {jurusan FKIP Matematika}

sedang menempuh pendidikan di Universitas Lampung (Unila)

Pekerjaan:
Guru di SMP Paramarta 1 Seputih Banyak
.........
.........
.........


Rabu, 02 Mei 2012

Berkenalan dengan Turunan setelah Limit


Berkenalan dengan Turunan setelah Limit

Setelah mengenal limit maka urutan berikutnya adalah mengenal konsep turunan – diferensial.
Pendekatan secara urut memang menyarankan begitu. Tetapi pendekatan otak kanan mungkin saja melakukan sebaliknya. Bahkan mungkin saja kita belajar integral dulu baru turunan dan limit.
Mari sekarang kita berkenalan dengan turunan.
Definisi formal dari turunan cukup menakutkan karena menggunakan konsep limit.
f’(x) =
\lim_ {h \rightarrow 0} \frac{f(x + h) - f(x)} {h}
Nah…begitulah…
Tapi penerapan dari turunan justru lebih mudah dari konsepnya itu sendiri.
Misal kita akan mencari turunan dari
f(x) = 3x^2
Maka
f'(x) = 6x (Selesai).
Bagaimana caranya?
Perhatikan pangkat dari x adalah 2.

Karena turunan maka pangkatnya kita turunkan 1 menjadi pangkat 1.
Sedangkan 2 kita gunakan untuk mengalikan koefisien 3 menjadi 3 x 2 = 6.
Jadilah kita memiliki
f’(x) = 6x (Selesai).
Sir Isaac Newton adalah tokoh kita yang banyak membahas kalkulus dengan contoh-contoh penerapan bidang fisika.
Turunan berpadanan dengan kecepatan gerak. Jika kita mengetahui fungsi posisi (dalam hal ini mari kita anggap semua besaran adalah skalar, pembahasan vektor di lain kesempatan) maka turunannya adalah kecepatan.
Misalnya, Paman APIQ bersama Al, Geo, Meti pergi dari Bandung ke Jakarta. Setiap waktu mereka mengukur dengan mencatat posisinya. Hasil pencatatan mereka memberikan rumus posisi sebagai f(x).
f(x) = 5x^2
(dalam satuan km, waktu satuan menit).
Berapakah kecepatan mereka pada menit ke-10?
Pertama mari kita cari turunan f(x).
f’(x) = 10x; ini adalah rumus kecepatan.
Maka kecepatan pada menit ke-10 adalah
f’(10) = 10.10 = 100 km/menit
Kecepatan pada menit ke-15, 20, 25?
f’(15) = 10.15 = 150 km/menit
f’(20) = 10.20 = 200 km/menit
f’(25) = 10.25 = 250 km/menit


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang Di Blogger Ignasius Fandy Jayanto