Data Pribadi Saya

Nama Pemilik: Ig Fandy Jayanto

Alamat Rumah: Seputih Banyak, Kab. Lampung Tengah


Riwayat Pendidikan:

SD N 1 Sumber Baru
SMP N 1 Seputih Banyak
SMA Paramarta 1 {jurusan Ipa 1}
S1 di UM Metro {jurusan FKIP Matematika}

sedang menempuh pendidikan di Universitas Lampung (Unila)

Pekerjaan:
Guru di SMP Paramarta 1 Seputih Banyak
.........
.........
.........


Jumat, 09 Maret 2012

Tentang Matematika (Jebakan 1=-1)

1 = -1 ?????

Sejak SD kita mungkin sudah tahu kalau 1 tidak sama dengan -1. Kita tahu karena kita hanya menerima dari guru, dan itu memang benar, 1 tidak sama dengan -1.

Namun, percaya atau tidak, ternyata 1 = -1. Loh, kok bisa ya... Bisa. Apa yang tidak mungkin? Saya sendiri tercengang saat menemukan bentuk seperti itu secara tidak sengaja. Saat itu saya sedang mengerjakan tugas kuliah dari salah seorang dosen. Lalu saya mendapatkan bentuk seperti ini [(-1)2]1/2= 1.


Lalu saya coba dengan cara lain, hasilnya seperti ini

 [(-1)2]1/2 = [(-1)2]1/2
(1)1/2 = (-1)1
   1 = -1


Kira-kira di mana yang salah?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang Di Blogger Ignasius Fandy Jayanto