Data Pribadi Saya

Nama Pemilik: Ig Fandy Jayanto

Alamat Rumah: Seputih Banyak, Kab. Lampung Tengah


Riwayat Pendidikan:

SD N 1 Sumber Baru
SMP N 1 Seputih Banyak
SMA Paramarta 1 {jurusan Ipa 1}
S1 di UM Metro {jurusan FKIP Matematika}

sedang menempuh pendidikan di Universitas Lampung (Unila)

Pekerjaan:
Guru di SMP Paramarta 1 Seputih Banyak
.........
.........
.........


Jumat, 16 Maret 2012

Teknologi Di Sekitar Kita Yang Bisa Di Sempurnakan Lagi


TUGAS INDIVIDU

DASAR-DASAR PENDIDIKAN MIPA
Untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Dra. Hj. Ratini, M.Pd.
UM Metro.jpeg

Disusun oleh:
Nama : Ignasius Fandy Jayanto
NPM   : 11310006

PENDIDIKAN MATEMATIKA (A)

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO
2012




KALKULATOR

Kegunaannya
                Kegunaan dari teknologi ini sangat banyak sekali adalah teknologi merupakan sarana yang penting untuk mengajar dan belajar matematika secara efektif. Teknologi memperluas matematika yang dapat diajarkan dan meningkatkan belajar siswa. Siswa  juga dapat belajar fakta-fakta perhitungan, mengembangkan daftar fakta yang terkait, dan menguji kesamaan atau ketidaksamaan ekspresi aritmetika pada kedua sisi dari simbol hubungannya.

Kalkulator bisa berarti lebih dari sekedar alat untuk menghitu­ng, menggunakan kalkulator juga meningkat pemahaman konsepnya, alasannya adalah beberapa penelitian jangka panjang yang telah menunjukkan bahwa siswa kelas 4-6 yang menggunakan kalkulator meningkat pemahaman konsepnya. Selain kegunaan diatas,  juga dapat juga meningkatkan pemecahan soal, kalkulator menghemat waktu, serta kalkulator banyak digunakan di kehidupan sehari-hari. Selain manfaat-manfaat diatas, kalkulator juga memberikan konstribusi yang positif. Diantaranya yaitu memberikan rasa kepercayaan pada siswa SD untuk mengerjakan suatu perhitungan matematika atau masalah matematika dalam hal yang sulit maupun hal yang mudah dan juga mengembangkan suatu perhitungan siswa SD untuk berkembang.

Kemudahannya
            Kegunaan kalkulator sangat banyak sekali, manfaat yang paling besar adalah bermanfaat dalam melakukan perhitungan, baik perhitungan biasa, perhitungan akuntansi maupun perhitungan statistik. Ukurannya yang kecil juga memudahkan untuk dibawa kemana-mana menambah keunggulan teknologi ini.     
Teknologi ini juga memberikan kemudahan dalam menghitung dan juga  penghitungan yang dilakukan lebih cepat dan akurat mendetail,
daripada yang dilakukan manusia dan juga takut akan ada yang salah bila dihitung yang dilakukan oleh manusia.
Selain kemudahan-kemudahan diatas, kalkulator juga memberikan keuntungan, diantaranya yaitu memberikan kemudahan dan mempercepat untuk menentukan suatu pola-polaumum, menghilangkan suatu ketakutan siswa akan ketinggalan untuk berhitung,

Keterbatasan
          Keterbatasan dari teknologi kalkulator ini antara lain pemborosan batu baterai. Karena sumber tenaga dari teknologi kalkulator ini  adalah batu baterai biasa. Ada juga yang menggunakan batu baterai yang dicas oleh listrik, akan tetapi ini juga tidak menghemat sumber daya yang ada dan juga batu baterai mudah rusak. Kalkulator yang menggunakan batu baterai mudah cepat habis, karena baterai tidak menutup kemungkinan akan adanya kebocoran dan juga menurut saya boros. Sedangkan baterai yang menggunakan listrik atau dicas, mengundang banyak resiko yaitu bila terlalu lama isi ulang, maka beterai tersebut mudah meledak.  

Ide Pengembangan
Ide saya agar teknologi kalkulator ini menjadi lebih berguna lagi dan untuk menghemat sumber daya alam, maka ide saya yaitu membuat kalkulator dengan bersumber tenaga dengan air. Dengan bertenaga air maka kita bias menghemat batu baterai ataupun listrik karena dengan kalkulator yang bersumber tenaga air kita tinggal mengisinya dengan air.
Sama halnya dengan  penggunaan yang lain, kalkulator ini juga menggunakan baterai. Baterai ini bekerja pada prinsip yang sama seperti baterai lainnya: dua elektroda dan elektrolit. Dalam hal ini elektrolit adalah air. Reaksi kimia antara seng anoda dengan katoda menghasilkan arus listrik yang menyediakan kalkulator yang baik Elektroda adalah beberapa paduan atau lainnya yang akan bereaksi dan larut dalam air dari waktu ke waktu untuk menghasilkan listrik. Karena konsumsi daya LCD perangkat ini sangat kecil mereka elektroda harus bertahan lama, tetapi tidak tanpa batas waktu, maka seumur hidup lain. Teknologi ini juga menawarkan "kebebasan tidak harus membeli baterai lagi" maka dari itu penggunaan ini juga tidak boros terhadap baterai. Selama periode tersebut saya bisa berharap telah melemparkan setidaknya setengah lusin atau lebih dari baterai.
Untuk menjaga pasokan konstan energi hanya isi ulang sebagai air menguap, biasanya untuk setiap 2 sampai 3 bulan. Baterai H2O memiliki kehidupan terus menerus minimal minimal 2 tahun. Selain itu, baterai H2O (tidak seperti semua baterai konvensional lainnya) dapat disimpan dalam keadaan kering tanpa batas waktu dan dapat dibiarkan mengering setiap saat selama hidupnya dan hidupnya diperpanjang tanpa batas.  Karena semua komponen baterai H2O dapat didaur ulang, manfaat lebih dari baterai tradisional yang tak terhitung jumlahnya. Tidak seperti konvensional kalkulator bertenaga surya Kalkulator Compact H2O dapat digunakan dalam segala kondisi cahaya, tidak lebih memudar menampilkan pada saat kritis. Baterai H2O mudah isi ulang dan dapat memberikan daya konstan sampai 3 bulan dengan hanya beberapa tetes air.







Dokumen foto kalkulator biasa:
1301703427_183604357_1-Gambar--Jual-Kalkulator-Casio-dan-Calculator-Citizen-Murah.jpgcitizen-calculator-14-digit.jpg
Dokumen foto kalkulator yang bertenaga air:
air bertenaga kalkulatorbertenaga air kalkulatorhttp://www.envirogadget.com/wp-content/uploads/2008/08/water-calculator.jpg
Water Powered Calculator

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang Di Blogger Ignasius Fandy Jayanto