Data Pribadi Saya

Nama Lengkap: Ignasius Fandy Jayanto

Alamat Rumah: SB 8 dusun 02,RT/RW 07/04,kel. Sumber Baru, Kec. Seputih Banyak, Kab. Lampung Tengah


Riwayat Pendidikan:

SD N 1 Sumber Baru
SMP N 1 Seputih Banyak
SMA Paramarta 1 {jurusan Ipa 1}
Perguruan UM Metro {jurusan FKIP Matematika}



Sabtu, 13 Oktober 2012

MAKALAH MICROSOFT POWERPOINT 2007



MAKALAH
MICROSOFT POWERPOINT 2007
Untuk Memenuhi Tugas Kelompok Mata Kuliah Komputer 1 yang Diampu oleh
Swaditya Rizki, S.Si., M.Sc.
Disusun oleh:
1.      Ignasius Fandy Jayanto             11310006
2.      Edy Kurniawan                          11310049
3.      Tasrip                                         11310034
4.      Aqoqis Reztiarti Haeni              11310039
5.      Dedeh Winingsih                       11310016
6.      Triana Lestari                             11310011
7.      Rian Miftahul Huda                   11310007

PENDIDIKAN MATEMATIKA (A)
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah tentang Microsoft Powerpoint 2007 ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya. Selesainya penyusunan ini berkat bantuan dari berbagai pihak oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis sampaikan terima kasih kepada yang terhormat :

1.      Dosen pengampu mata Komputer 1 yang telah memberikan tugas, petunjuk, kepada kami sehingga kami termotivasi dan menyelesaikan tugas ini.
  1. Secara khusus penulis menyampaikan terima kasih kepada keluarga tercinta yang telah memberikan dorongan dan bantuan serta pengertian yang besar kepada penulis, baik selama mengikuti perkuliahan maupun dalam menyelesaikan makalah ini.
Diharapkan makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua. Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.

                                                                                                            Metro, 04 Oktober 2012

                                                                                                                           Penulis


DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL...................................................................................................        1
KATA PENGANTAR.................................................................................................        2
DAFTAR ISI...............................................................................................................        3
BAB I PENDAHULIAN............................................................................................        4
BAB II PEMBAHASAN
A.    Sejarah Microsoft Powerpoint........................................................................        5
Versi Microsoft Powerpoint...........................................................................        6
Operasi...........................................................................................................        7
B.     Pengertian Powerpoint...................................................................................        9
C.     Membuka Powerpoint....................................................................................        9
D.    Tampilan Lembar Kerja Power Point.............................................................        12
E.     Mengenal User Interface Baru Pada Powerpoint 2007..................................        13
F.      Jenis-Jenis Tampilan Slide Dalam Powerpoint...............................................        20
G.    Mencetak Slide Sebagai Handout Powerpoint 2007.....................................        21
H.    Memasukkan Tabel Grafik Dan Gambar Powerpoint 2007...........................        23
I.       Menentukan Durasi Presentasi Powerpoint 2007...........................................        29
J.       Mengatur Urutan Tampilan Slide Powerpoint 2007......................................        30
K.    Cara Membuat Hyperlink Powerpoint 2007..................................................        33
L.     Membuat Navigasi Powerpoint 2007.............................................................        36
M.   Menyisipkan Objek Audio Dan Video Pada Presentasi................................        38
N.    Menu Animasi................................................................................................        44
O.    Custom Animation.........................................................................................        47
P.      Menjalankan Tampilan Slide Presentasi Powerpoint 2007.............................        53
BAB III PENUTUP.....................................................................................................        54
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN

Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 12 (Microsoft Office PowerPoint 2007), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office System 2007.



BAB II
PEMBAHASAN


A.    SEJARAH MICROSOFT POWERPOINT

Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputeruntuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka,Microsoft Office, selain Microsoft WordExcelAccess dan beberapa program lainnya.PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windowsdan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipunpada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyakdigunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnyaMicrosoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPointadalah versi 12 (Microsoft Office PowerPoint 2007), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office System 2007.
Aplikasi Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austinsebagai Presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian mereka ubah namanyamenjadi PowerPoint.
Pada tahun 1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh.PowerPoint kala itu masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projector (OHP). Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran.
Microsoft pun mengakuisisi Forethought, Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint dengan harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987. Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti jejak Microsoft Windows 3.0. Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition).

 

VERSI MICROSOFT POWERPOINT

Tahun
Versi PowerPoint
PowerPoint 1.0
Mac OS classic
T/A
PowerPoint 2.0
Mac OS classic
T/A
PowerPoint 2.0
Windows 3.0
T/A
PowerPoint 3.0
Mac OS classic
T/A
PowerPoint 3.0
T/A
PowerPoint 4.0
Microsoft Office 4.x
PowerPoint 4.0
Mac OS classic
T/A
PowerPoint 7 for Windows 95
Microsoft Office 95
PowerPoint 97
Microsoft Office 97
PowerPoint 98
Mac OS Classic
Microsoft Office 1998 for Mac
PowerPoint 2000
Microsoft Windows 98, Windows NT 4.0, Windows 2000
PowerPoint 2001
Mac OS X
Microsoft Office 2001 for Mac
PowerPoint 2002
Windows 2000/XP
PowerPoint v.X
Mac OS X
Microsoft Office:mac v.X
PowerPoint 2003
PowerPoint 2004
Mac OS X
Microsoft Office:mac 2004
PowerPoint 2007



OPERASI

Dalam PowerPoint, seperti halnya perangkat lunak pengolah presentasi lainnya, objek teks, grafik, video, suara, dan objek-objek lainnya diposisikan dalam beberapa halaman individual yang disebut dengan "slide". Istilah slide dalam PowerPoint ini memiliki analogi yang sama dengan slide dalam proyektor biasa, yang telah kuno, akibat munculnya perangkat lunak komputer yang mampu mengolah presentasi semacam PowerPoint dan Impress. Setiap slide dapat dicetak atau ditampilkan dalam layar dan dapat dinavigasikan melalui perintah dari si presenter. Slide juga dapat membentuk dasar webcast (sebuah siaran di World Wide Web).
PowerPoint menawarkan dua jenis properti pergerakan, yakni Custom Animations dan Transition. Properti pergerakan Entrance, Emphasis, dan Exit objek dalam sebuah slide dapat diatur oleh Custom Animation, sementara Transition mengatur pergerakan dari satu slide ke slide lainnya. Semuanya dapat dianimaskan dalam banyak cara. Desain keseluruhan dari sebuah presentasi dapat diatur dengan menggunakaan Master Slide, dan struktur keseluruhan dari prsentasi dapat disunting dengan menggunakan Primitive Outliner (Outline).
PowerPoint dapat menyimpan presentasi dalam beberapa format, yakni sebagai berikut:
  • *.PPT (PowerPoint Presentation), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
  • *.PPS (PowerPoint Show), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
  • *.POT (PowerPoint Template), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
  • *.PPTX (PowerPoint Presentation), yang yang merupakan data dalam bentuk XML dan hanya tersedia dalam PowerPoint 12.
 
B.     PENGERTIAN POWERPOINT
Microsoft Power Point adalah suatu software (program) yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, profesional dan juga mudah. Microsoft Power Point akan membantu sebuah gagasan menjadi lebih menarik dan jelas tujuannya. Microsoft Power Point dapat terdiri dari teks, grafik, obyek gambar, clipart, movie, suara dan obyek yang dibuat dengan program lain. Program ini dapat dicetak di kertas berupa handout yang dibagikan ke audiens sebagai bahan pendukung presentasi. Salain itu program ini juga dapat ditampilkan di internet.

C.    MEMBUKA POWERPOINT
CATATAN: 
Prosedur untuk membuka PowerPoint dapat bervariasi, tergantung pada konfigurasi komputer Anda.
Untuk membuka PowerPoint pada Windows, klik pada
Tombol Start -> Programs -> Microsoft PowerPoint
ATAU
Klik dua kali pada ikon PowerPoint pada desktop


Ketika PowerPoint 2007 dibuka, slide Judul kosong muncul secara default sebagai slide pertama dalam presentasi baru Anda. Anda dapat memulai presentasi baru ketika pertama kali buka atau setelah PowerPoint sudah terbuka.

Untuk mengubah tata letak slide terbuka, klik pada tombol Layout di tab Home.
Presentasi kosong adalah titik awal yang dianjurkan dalam tutorial ini. PowerPoint memungkinkan Anda mengubah tampilan, tata letak dan isi dari presentasi Anda setiap saat. Dimulai dengan presentasi kosong memungkinkan Anda bereksperimen lebih mudah dengan banyak fitur program ini menawarkan.

Di sisi lain, beberapa orang lebih memilih untuk membangun desain dari awal sehingga mereka melihat dampaknya karena mereka membuat presentasi mereka. Ketika Anda menjadi lebih akrab dengan PowerPoint, Anda akan menemukan metode mana yang terbaik untuk Anda.

Jika Anda ingin belajar bagaimana untuk memilih atau merancang tema untuk slide terbuka, melanjutkan ke tutorial tentang Tema. Jika Anda ingin belajar bagaimana memilih tema saat memulai presentasi baru, terus di bawah ini.

PowerPoint Sudah Buka
Untuk memulai presentasi baru, klik pada tombol Office di sudut kiri atas layar dan pilih New:


Jendela New Presentation akan muncul. Di sini Anda dapat memilih dari berbagai tema dan template dengan melihat di bawah Template Dipasang Tema dan Installed. Dari sini Anda juga dapat mencari Microsoft Online untuk tema lainnya dan template.






  1. Office Button: The Office 2007 Button is located in the top left hand corner of the screen. The Office Button allows you to open, save, and print documents, and perform other document output functions such as fax and email.
  2. The Ribbon: The traditional drop-down menus and toolbars of earlier Microsoft releases have been replaced by the more intuitive and graphical Ribbon. Click on the http://gethelp.library.upenn.edu/images/workshops/biomed/ppt/menuarrow.gifarrow to open a dialogue box with more options.
  3. Command Tabs: Office 2007 applications automatically open to the Home command tab, which contains formatting options needed to create a basic document, such as font and paragraph settings. Specialized features can be accessed from other command tabs.
  4. Slide & Outline Tabs: The Slides tab shows thumbnail images of your slides, allowing you to rearrange and hide slides and view set transitions as you work. The Outline tab shows the content of your slides, making it easy to rearrange your text.
  5. Slide Panel: This panel is where you enter the content of your slides.
  6. Notes Panel: This is where you can enter notes. If you wish to enter longer notes, you can go to the View tab and select Notes Page.
  7. View Buttons: These three buttons include the Normal view, shown here, the Slide Sorter, which allows you to shuffle your slides, and the Slide Show, which shows the slides as if you were presenting.
  8. Zoom Slider: This allows you to zoom in and out on the Slide Panel.

E.     MENGENAL USER INTERFACE BARU PADA POWERPOINT 2007
Seperti telah dijelaskan sebelumnya, PowerPoint 2007 memiliki tampilan user interface (UI) baru yang berbeda dengan PowerPoint versi sebelumnya. Pengganti menu dan toolbar pada PowerPoint 2007 biasa disebut Ribbon. Ribbon dirancang untuk membantu Anda agar dapat bekerja lebih produktif serta mudah dalam menggunakan seluruh fasilitas dan fungsi yang disediakan oleh PowerPoint 2007. Ribbon ini terdiri atas beberapa tab yang mengorganisasikan berbagai skenario khusus dan objek sesuai dengan jenis aktivitasnya. Setiap tab terdiri atas beberapa Groups. Setiap group terdiri atas beberapa tombol perintah.
Gambar 4.4 Salah satu Ribbon sebagai User Interface (UI) pada PowerPoint 2007 Selain Standard Tab yang terdapat pada Ribbon,
PowerPoint 2007 juga menyediakan tab lain yang biasa disebut Contextual Tab yang akan otomatis muncul ketika Anda sedang memilih atau bekerja dengan objek, seperti table, picture, atau drawing. Semua tab dan tombol perintah (Command Buttons) pada Ribbon selain dapat diakses menggunakan mouse, juga dapat diakses dengan tombol keyboard, dengan cara tekan tombol Alt di keyboard. Dengan langkah ini, pada Ribbon akan ditampilkan Key Tips berupa angka atau huruf yang dapat digunakan untuk menjalankan tab atau tombol perintah(command button). Selanjutnya, tekan huruf yang mewakili tab atau tombol perintah. Apabila Anda menekan huruf yang mewakili tabs, maka berikutnya akan menampilkan KeyTips untuk tab yang Anda pilih. Jendela kerja PowerPoint 2007 telah dilengkapi pula dengan Microsoft Office Button, Quick Access Toolbar, dan Dialog Box Launchers. Microsoft Office Button yang berada di pojok kiri atas jendela kerja PowerPoint 2007 berfungsi untuk membuka menu. Quick Access Toolbar ditempatkan di kanan Microsoft Office Button yang berisi kumpulan tombol perintah yang relatif sering digunakan.
Gambar 4.4 Microsoft Office Button dan Quick Acces Toolbar
Dialog Box Launchers berbentuk ikon kecil yang ada di sudut kanan bawah setiap grup pada setiap tab. Dengan mengklik ikon Dialog Box Launcher tersebut, secara otomatis kotak dialog atau task pane yang terkait dengan grup tersebut akan dibuka.

a.      Tab Home PowerPoint 2007
Tab Home berfungsi untuk pengoperasian file dan memodifikasi teks, untuk memodifikasi pembuatan presentasi, misalnya penghapusan satu kata atau satu kalimat dan mengganti kata yang salah dalam satu slide, seperti membuat slide baru, membuka file, menentukan ukuran dan jenis teks, dan menentukan paragraf.
Ribbon yang ditampilkan dari tab Home
Gambar 4.5 Ribbon yang ditampilkan dari tab Home
Tabel 4.1 Group dan Tombol Perintah yang Terdapat dalam Tab Home.
office Clipboard
Clipboard
Terdiri atas Cut, Copy, Paste, Paste Special, Paste as Hyperlink, Duplicate, Clear, dan Clear All.
office Slides
Slides
Terdiri atas New Slide, Duplicate select Slides, Slides from Outline, Reuse Slides, Layout, Reset, dan Delete.
office Font
Font
Terdiri atas Font, Font Size, Bold, Italic, Underline, Strikethrough, Subscript, Superscript, Clear Formatting, Text Highlight Color, Font Color, Change Case, Grow Font, dan Shrink Font.
office Paragraph
Paragraph
Terdiri atas Bullets, Numbering, Multilevels List, Decrease indent, Align Text left, Center, Align Text Right, Justify, Line Spacing, Shading, Bottom Border, Sort dan Increase Indent.
office Drawing
Drawing
Terdiri atas Shape, Arrange, Quick Styles, Shape Fill, Shape Outline, Shape effects, Line Color, Line Style, Shadow, 3D Fomat, 3D rotation, Picture, dan Text Box
office Editing
Editing
Terdiri atas Find, Replace, dan Select


b.      Tab Insert PowerPoint 2007
Tab Insert berfungsi untuk menyisipkan tabel, nomor halaman, catatan kaki, gambar, teks, dan sebagainya.
Ribbon yang ditampilkan dari tab Insert
Gambar 4.6 Ribbon yang ditampilkan dari tab Insert
ribbon Tables
Tables
Terdiri atas Insert Table, Draw Table, dan Excel Spreadsheet
ribbon Illustrations
Illustrations
Terdiri atas Picture, Clip Art, Photo Album, Shapes, SmartArt, dan Chart
ribbon Links
Links
Terdiri atas Hyperlink dan Action
ribbon Text
Text
Terdiri atas Text Box, Header & Footer, WordArt, Date & Time, SlideNumber, Symbol, dan Object
ribbon Media Clips
Media Clips
Terdiri atas Movie dan Sound

c.       Tab Design PowerPoint 2007

Tab Design berfungsi untuk menyisipkan berbagai efek pada slide.
http://budi3garut.16mb.com/wp-content/uploads/tik/pengenalan-powerpoint-2007/image17.jpg
Gambar 4.7 Ribbon yang ditampilkan dari tab Design
Tabel 4.3 Group dan Tombol Perintah yang Terdapat dalam Tab Design.
Ikon
Group
Tombol Perintah
ribbon Page Setup
Page Setup
Terdiri atas Page setup dan Slide Orientation
ribbon Themes
Themes
Terdiri atas Themes, Font, dan Effects
ribbon Background
Background
Terdiri atas Background Styles dan Hide Background Graphics

d.      Tab Animation PowerPoint 2007

Tab Animation berfungsi untuk membuat efek animasi pada presentasi yang dibuat, dan fasilitas lain yang digunakan untuk melengkapi hasil presentasi.
Ribbon tab Animation
Gambar 4.8 Ribbon yang keluar dari tab Animation
Tabel 4.4 Group dan Tombol Perintah yang Terdapat dalam Tab Animation.
Ikon
Group
Tombol Perintah
ribbon Preview
Preview
Terdiri atas Preview Animations
ribbon Animations
Animations
Terdiri atas No Animation dan Custom Animation
ribbon Transitionto This Slide
Transitionto This Slide
Terdiri atas Advance Slides, Transition Sound, Transition Speed, dan Apply to All


e.       Tab Slide Show PowerPoint 2007

Tab Slide Show berfungsi untuk menampilkan struktur slide, misalnya apakah struktur slide akan menampilkan identifikasi dan simbol-simbol yang menyertainya .
Ribbon tab Slide Show
Gambar 4.10 Ribbon yang ditampilkan dari tab Slide Show
Tabel 4.5 Group dan Tombol Perintah yang Terdapat dalam Tab Slide Show.
Ikon
Group
Tombol Perintah
ribbon Start Slide Show
Start Slide Show
Terdiri atas From Beginning, FromCurrent Slide, dan Custom Slide Show
http://budi3garut.16mb.com/wp-content/uploads/tik/pengenalan-powerpoint-2007/image27.jpg
Set Up
Terdiri atas Set Up Slide Show, Hide Slide, Record Narration, Rehearse Timings, Use Rehearse Timings.
http://budi3garut.16mb.com/wp-content/uploads/tik/pengenalan-powerpoint-2007/image28.jpg
Monitors
Terdiri atas Resolution, Show Presentation On, dan Use Presenter View

f.       Tab Review PowerPoint 2007

Tab Review berfungsi untuk men-setting fungsi-fungsi atau mengubah template, dan sebagainya.
Ribbon tab Review
Gambar 4.10 Ribbon yang ditampilkan dari tab Review
Tabel 4.6 Group dan Tombol Perintah yang Terdapat dalam Tab Review.
Ikon
Group
Tombol Perintah
ribbon Proofing
Proofing
Terdiri atas Spelling, Research, Thesaurus, Translate, dan Language
ribbon Comment
Comment
Terdiri atas Show Markup, New Comment, Edit Comment, Delete, Previous, dan Next
ribbon Protect
Protect
Terdiri atas Protect Presentation :Unrestricted Access, Restricted Access, Manage Credentials


g.      Tab View PowerPoint 2007

Tab View berfungsi untuk memodifikasi layar tampilan dan presentasi.
Ribbon dari tab View
Gambar 4.11 Ribbon yang ditampilkan dari tab View
Ikon
Group
Tombol Perintah
ribbon Presentation View
Presentation View
Terdiri atas Normal, Slide Sorter, Notes Page, Slide Show, Slide Master, Handout Master, Notes Master
ribbon Show/Hide
Show/Hide
Terdiri atas Ruler, Gridlines, danMassage Bar
ribbon Zoom
Zoom
Terdiri atas Zoom, dan Fit to Window
ribbon Color Grayscale
Color/Grayscale
Terdiri atas Color, Grayscale, dan Pure Black and White
ribbon Window
Window
Terdiri atas New Window, Arrange All, Cascade, dan
ribbon Macros
Macros
Terdiri atas View macros.


F.     JENIS-JENIS TAMPILAN SLIDE DALAM POWERPOINT
Ikon
Nama
Deskripsi
Normal View
Normal View
Normal view adalah jendela utama untuk mengedit tampilan presentasi, yang juga digunakan untuk presentasi. Tombol ini dapat Anda gunakan untuk mengolah judul dan isi presentasi dengan cepat.
Slide SorterView
Slide SorterView
Slide Sorter View digunakan untukmengelola dan melihat semua presentasi yang telah Anda buat.
Slide Show
Slide Show
Slide Show digunakan untuk menampilkan presentasi yang telah Anda buat sebagai presentasi elektronik. Anda dapat melihat tampilannya dalam satulayar penuh.


G.    MENCETAK SLIDE SEBAGAI HANDOUT POWERPOINT 2007
Print out dokumen slide presentasi sebagai makalah sangat diperlukan oleh orang lain sebagai bentuk catatan. Anda dapat membuatnya dari dokumen presentasi Anda dengan mencetak dokumen dalam bentuk handout atau outline view. Handout merupakan sajian atau tampilan dalam satu atau beberapa halaman dari beberapa slide. Saat membuat handout yang berupa dokumen tertulis, singkirkan PowerPoint jauh-jauh. Gunakanlah pengolah kata seperti Microsoft Word atau Open Office Impress, ketika menyusun presentasi. Siapkanlah handout fungsi ketiga terlebih dahulu sebagai dokumen tertulis. Kemudian, susunlah slide presentasi Anda. Handout tersebut akan mencakup semua pesan yang ingin Anda sampaikan secara terstruktur dan ini memerlukan bahan yang lengkap; sedangkan presentasi hanya memilih pesan mana yang bisa Anda sampaikan dalam waktu singkat, dan dengan cara apa. Dengan memiliki bahan yang lengkap (handout), Anda akan menyajikan presentasi secara lebih efektif. Sebagai kiat yang berguna adalah dalam satu presentasi Anda bisa menggunakan dua atau tiga fungsi handout sekaligus. Sebuah buku kerja, misalnya, meliputi ketiga fungsi tersebut.
Bagikanlah handout fungsi ketiga di akhir presentasi (atau saat sesi tanyajawab) untuk menghindari peserta membaca handout saat Anda berbicara. Namun, jangan lupa memberitahukan hal ini terlebih dahulu kepada hadirin agar mereka tidak perlu mencatat. Untuk melatih diri Anda melupakan pola pikir lama, coba buatlah presentasi singkat yang semua slidenya hanya berisi foto, diagram, tabel, atau gambar. Masing-masing harus mewakili inti pesan Anda. Namun, Anda hanya boleh menjelaskannya saat presentasi, tidak boleh ada teks sama sekali di slide foto dan gambar. Sedikit teks boleh ada di slide diagram, tabel, judul, dan penutup presentasi. Ini satu-satunya bentuk slide yang boleh dicetak sebagai handout fungsi kedua.
Cara mencetak slide dalam presentasi adalah sebagai berikut.
1. Klik office button, kemudian pilih Print (Ctrl + P).
2. Selanjutnya muncul kotak dialog Print seperti berikut.
Gambar 3.71. Mencetak slide presentasi melalui kotak dialog Print
Gambar 3.71. Mencetak slide presentasi melalui kotak dialog Print
Lakukan pengaturan pencetakan sebagai berikut.
a. Name : memilih jenis printer yang digunakan.
b. Print range : memilih dan menentukan slide yang dicetak.
c. All : semua slide dicetak.
d. Current slide : mencetak slide yang aktif dalam layar.
e. Selection : mencetak slide yang telah dipilih/disorot.
f. Slide : mencetak slide pilihan sesuai angka yang diketik, misalnya 1, 2 – 4, 7 artinya mencetak slide pada nomor 1, 2, 3, 4, dan 7.
g. Print what : menentukan pilihan yang akan dicetak, seperti handout, slide, notes pages, atau outline view.
h. Number of copy : mengatur jumlah cetakan tiap slide.
i. Grayscale : mengatur efek warna abu-abu pada pencetakan.
j. Pures black and white : mengatur hasil pencetakan warna hitam-putih.
k. Scale to fit paper : pencetakan disesuaikan ukuran kertas.
l. Frame slide : pencetakan disertai bingkai slide.
m. Slides per page : mengatur jumlah slide per halaman saat dicetak.
n. Oder : posisi pencetakan (vertical = tegak dan horizontal = mendatar).
3. Klik OK.


H.    MEMASUKKAN TABEL GRAFIK DAN GAMBAR POWERPOINT 2007
Presentasi akan semakin menarik dan representatif apabila dilengkapi dengan berbagai objek pendukung seperti tabel, grafik, gambar, audio, atau video.
1. Memasukkan Tabel dalam slide Powerpoint 2007
Table digunakan untuk membantu presentasi menjadi lebih jelas. Berikut adalah cara untuk memasukkan data dalam bentuk tabel.
a. Klik Insert pada tab menu, kemudian pilih Tabel, selanjutnya akan ditampilkan kotak dialog Insert Table seperti gambar di samping.
b. Ketik jumlah kolom pada Number of columns dan jumlah baris pada Number of rows (misalnya ingin membuat tabel dengan jumlah kolom 5 dan jumlah baris 2).
Number of columns
c. Klik OK.
Gambar 3.35. Hasil Insert Tabel pada slide
Gambar 3.35. Hasil Insert Tabel pada slide
2. Memasukkan Grafik dalam Slide Powerpoint 2007
Biasanya pembuatan grafik sangat terkait dengan tabel yang telah dibuat. Cara menyisipkan grafik dalam slide adalah sebagai berikut.
a. Klik Menu Insert, kemudian pilih Chart. Selanjutnya, akan ditampilkan kotak dialog Insert chart sebagai berikut.
Gambar 3.36. Berbagai variasi model grafik dalam PowerPoint 2007
Gambar 3.36. Berbagai variasi model grafik dalam PowerPoint 2007
b. Pilih salah satu model grafik.
c. Klik OK.
Gambar 3.37. Tampilan Grafik dalam slide presentasi melalui aplikasi PowerPoint 2007
Gambar 3.37. Tampilan Grafik dalam slide presentasi melalui aplikasi PowerPoint 2007
d. Jika Anda ingin mengedit grafik, gunakan perintah berikut.
1) Aktifkanlah grafik dengan cara klik pada grafik.
2) Klik tab menu Layout (tab ini akan muncul secara otomatis pada saat grafik muncul) > pilih labels yang tersedia.
Gambar 3.38. Ikon editing grafik pada PowerPoint 2007
Gambar 3.38. Ikon editing grafik pada PowerPoint 2007
Keterangan:
Chart Title : digunakan untuk memberi judul grafik.
Axis Title : digunakan untuk memberi judul pada sumbu grafik.
Legend : digunakan untuk memberi keterangan.
Data Label : digunakan untuk memberi data pada puncak grafik.
Data Tabel : digunakan untuk menyertakan data tabel ke dalam grafik.
Gambar 3.39. Kotak dialog Layout Axes pada PowerPoint 2007
Gambar 3.39. Kotak dialog Layout Axes pada PowerPoint 2007
Keterangan:
Axes : untuk memberi keterangan pada sumbu grafik
Gridline : untuk memberi garis bantu
Gambar 3.40. Ikon pengaturan background grafik dalam PowerPoint 2007
Gambar 3.40. Ikon pengaturan background grafik dalam PowerPoint 2007
Keterangan:
Plot Area : untuk menentukan area grafik
Chart Wall : untuk memberi warna pada dinding grafik
Chart Floor : untuk mengubah dasar grafik
3D Rotation : untuk menentukan animasi 3 dimensi
3. Menyisipkan Gambar dalam Slide Powerpoint 2007
Agar presentasi Anda tampil memukau, masukkanlah gambar ke dalam slide Anda. Proses pengambilan gambar atau foto dapat diambil dari berbagai sumber, misalnya dari Clip Art, CD atau Disket, Autoshapes, WordArt, Tabel, dan lain-lain.
a. Menyisipkan gambar dari Clip Art
Cara menyisipkan gambar dari Clip Art ke dalam slide Microsoft PowerPoint 2007 adalah sebagai berikut.
1) Klik tab menu Insert, kemudian pilih Picture.
2) Klik Clip Art, selanjutnya muncul task pane Clip Art di samping kanan slide.
3) Klik anak panah pada kolom Search In, kemudian pilih Office Collections.
4) Klik gambar yang Anda pilih, maka gambar akan disisipkan pada slide.
Gambar 3.41. Task pane Clip Art
Gambar 3.41. Task pane Clip Art
b. Menyisipkan gambar dari file (Disket/Compact Disk (CD))
Langkah-langkah untuk menyisipkan gambar dari file adalah sebagai berikut.
1) Klik tab menu Insert, kemudian pilih Picture.
2) Selanjutnya akan muncul kotak dialog Insert Picture, seperti tampilan di bawah ini.
3) Carilah lokasi tempat gambar berada pada Look in.
Gambar 3.41. Kotak dialog Insert Picture
Gambar 3.41. Kotak dialog Insert Picture
4) Pilih salah satu gambar.
5) Klik Insert untuk menyisipkan gambar ke dalam slide.
6) Setelah langkah-langkah tersebut selesai, secara otomatis gambar akan dimasukkan ke dalam slide.




I.       MENENTUKAN DURASI PRESENTASI POWERPOINT 2007
Untuk mengatur durasi presentasi, program PowerPoint 2007 menyediakan fasilitas Timing, yang digunakan untuk mengatur berapa lama slide akan tampil dalam satu kali presentasi atau untuk mengatur waktu tampilan presentasi agar sesuai dengan materi/bahan presentasi. Cara mengatur durasi presentasi adalah sebagai berikut.
a. Bukalah salah satu slide Anda.
b. Klik tab menu Slide Show, kemudian pilih Rehearse. Selanjutnya, di layar akan muncul tampilan sebagai berikut.
Kotak dialog Rehearsal Timing
Gambar 3.48. Kotak dialog Rehearsal Timing untuk mengatur durasi waktu slide
Keterangan:
Next
Next, digunakan untuk melanjutkan tampilan slide berikutnya sesuai dengan pilihanyang telah ditentukan
Pause
Pause, digunakan untuk menghentikan jalannya waktu penghitungan tampilan.
Slide timing
Slide timing, digunakan untuk menentukan lamanya waktu presentasi.
Repeat
Repeat, digunakan untuk mengulang ke slide pertama.
Slide timing
Slide timing.

J.      MENGATUR URUTAN TAMPILAN SLIDE POWERPOINT 2007
Urutan tampilan slide dapat Anda atur sesuai keinginan agar pesan yang disampaikan pada presentasi tidak terbalik. Berikut disajikan materi pengaturan tersebut.
a. Tampilan slide
Beberapa tampilan slide dalam program PowerPoint 2007 adalah sebagai berikut.
Gambar 3.49. Kotak dialog pengaturan slide
Gambar 3.49. Kotak dialog pengaturan slide
Keterangan:
1) Slide View, merupakan tampilan slide sesungguhnya ketika ditampilkan/dijalankan di layar monitor.
2) Outline View, merupakan tampilan dalam bentuk kerangka slide yang terdiri dari nomor dan materi slide. Dengan fasilitas ini maka pilihan slide dapat dengan mudah dilakukan, yaitu dengan mengklik salah satu slide tersebut.
3) Normal View, digunakan untuk menampilkan slide dalam bentuk normal
4) Slide Sorter, merupakan tampilan seluruh slide disertai dengan nomornya.
Gambar 3.50. Kotak dialog pengaturan slide dengan slide sorter
Gambar 3.50. Kotak dialog pengaturan slide dengan slide sorter
5) Slide Show, digunakan untuk menampilkan atau menjalankan slide dalam layar monitor.
Tombol keyboard yang digunakan untuk mengatur pergantian tampilan slide adalah sebagai berikut.
a) Tombol Page Up dan anak panah arah kiri/atas untuk menampilkan slide sebelumnya.
b) Page Down atau anak panah arah kanan/bawah untuk menampilkan slide sesudahnya.
b. Mengatur Urutan Tampilan Slide
Cara mengatur tampilan slide adalah sebagai berikut.
1) Bukalah slide yang ingin diurutkan, kemudian klik tab menu Slide Show. Selanjutnya, pilih Set Up Show hingga ditampilkan kotak dialog Set Up Show seperti pada gambar 3.51.
2) Atur tampilan yang diinginkan.
3) Klik OK.
Kotak dialog Set Up Show
Gambar 3.51. Kotak dialog Set Up Show
Keterangan:
1) Show type (mengatur type tampilan)
- Presented by a speaker (full screen), untuk menampilkan slide penuh satu layar monitor.
- Browsed by an individual (windows), untuk tampilan slide dilengkapi dengan beberapa menu bar pilihan dalam PowerPoint.
- Browsed at a kiosk (full screen), untuk tampilan slide secara berulang urut dari awal- akhir.
- Loop continuously until esc, untuk fasilitas untuk menampilkan slide secara berulang.
- Show without animation, untuk tampilan slide tanpa menggunakan animasi.
2) Slide (mengatur pilihan slide yang akan ditampilkan)
- All, untuk menampilkan semua slide
- From …. To …. ( menampilkan slide secara urut. Misal form 1 to 3, artinya menampilkan slide mulai dari slide nomor 1 sampai dengan slide nomor 3).
3) Advance slides (Pengaturan penggerak tampilan slide)
- Manually, untuk slide ditampilkan secara manual (dengan tombol keyboard atau mouse.
- Using timings, if present, untuk tampilan slide dengan pengaturan setting waktu.

K.    CARA MEMBUAT HYPERLINK POWERPOINT 2007
Hyperlink digunakan untuk mengontrol dan menghubungkan atau menggabungkan antar dokumen presentasi atau antara program presentasi dengan program aplikasi yang lain baik di dalam satu komputer, antarkomputer, atau internet.
Gambar 3.65. Hyperlink digunakan untuk menghubungkan dokumen yang satu dengan yang lainnya
Gambar 3.65. Hyperlink digunakan untuk menghubungkan dokumen yang satu dengan yang lainnya
Menu pilihan yang digunakan untuk menggabungkan dokumen presentasi adalah hyperlink dalam tab menu Insert. Proses pembuatan dan penggunaan hyperlink adalah sebagai berikut.
1. Buatlah presentasi baru sebagai slide pertama, misalnya sebagai berikut.
Gambar 3.66. Halaman utama untuk membuat hyperlink
Gambar 3.66. Halaman utama untuk membuat hyperlink
2. Pada slide pertama, bloklah teks bertuliskan “definisi” dan klik tab menu Insert. Kemudian, klik Hyperlink pada submenu Links.
3. Selanjutnya akan muncul tayangan sebagai berikut.
Gambar 3.67. Kotak dialog Insert Hyperlink
Gambar 3.67. Kotak dialog Insert Hyperlink
4. Klik Bookmark hingga muncul tampilan sebagai berikut.
Gambar 3.68. Kotak dialog proses pemilihan file hyperlink
Gambar 3.68. Kotak dialog proses pemilihan file hyperlink
5. Klik OK pada slide yang ditunjuk untuk dihubungkan, misalnya pada slide kedua, klik OK, maka pada teks yang Anda blok tadi akan bergaris bawah dan itu menunjukkan bahwa teks tersebut merupakan hyperlink. Perhatikan tampilan berikut.
Gambar 3.69. Tampilan hasil file hyperlink
Gambar 3.69. Tampilan hasil file hyperlink
6. Lakukan dengan langkah yang sama untuk melanjutkan hyperlink berikutnya.

L.     MEMBUAT NAVIGASI POWERPOINT 2007
Navigasi terdiri dari tombol-tombol panduan untuk berpindah dari satu bagian dokumen ke dokumen yang lain dalam satu dokumen. Dengan menggunakan tombol navigasi tampilan slide dapat diatur dengan urutan, arah, dan tujuan sesuai dengan keinginan kita.
1. Pengendali/Pengatur (Navigator) Tampilan Slide dengan Tombol Aksi
Untuk mengatur tampilan slide dengan tombol aksi dilakukan dengan cara sebagai berikut.
a. Bukalah presentasi yang berisi sejumlah slide (yang akan diatur tampilannya).
b. Buka salah satu slide yang akan diatur urutan/arah tampilannya.
c. Klik tab menu Slide Show, kemudian muncul kotak dialog Action Setting/seting aksi.
d. Pilih Mouse click jika ingin menggunakan klik mouse untuk meng-gerakkan tampilan slide.
e. Pilihlah Hyperlink to untuk menentukan pilihan slide yang akan ditampilkan.
  1. Next slide, digunakan untuk memilih tampilan slide berikutya.
  2. Previous slide, digunakan untuk memilih tampilan slide sebelumnya.
  3. First slide, digunakan untuk menuju slide pertama.
  4. Last slide, digunakan untuk menuju slide terakhir.
  5. End show, digunakan untuk mengakhiri tampilan slide.
  6. Slide, digunakan untuk memilih tampilan slide tertentu/pilihan.
  7. Other PowerPoint Presentation, digunakan untuk memilih slide dari presentasi lain.
  8. Other file, digunakan untuk membuka file dari aplikasi program yang berbeda.
f. Klik OK.
Gambar 3.70. Action Settings untuk mengatur tampilan tombol aksi
Gambar 3.70. Action Settings untuk mengatur tampilan tombol aksi
1) Next slide, digunakan untuk memilih tampilan slide berikutya.
2) Previous slide, digunakan untuk memilih tampilan slide sebelumnya.
3) First slide, digunakan untuk menuju slide pertama.
4) Last slide, digunakan untuk menuju slide terakhir.
5) End show, digunakan untuk mengakhiri tampilan slide.
6) Slide, digunakan untuk memilih tampilan slide tertentu/pilihan.
7) Other PowerPoint Presentation, digunakan untuk memilih slide dari presentasi lain.
8) Other file, digunakan untuk membuka file dari aplikasi program yang berbeda.
f. Klik OK.

Materi/Bagian Slide sebagai Navigator
Untuk memanfaatkan materi/bagian slide sebagai navigator, dilakukan dengan cara sebagai berikut.
a. Bukalah presentasi yang berisi sejumlah slide (yang akan diatur tampilannya).
b. Buka salah satu slide yang akan diatur urutan/arah tampilannya.
c. Sorot atau blok materi/bagian slide yang akan digunakan sebagai navigator (pengatur arah/gerak).
d. Klik tab menu Slide Show, kemudian pilih Action Settings.
e. selanjutnya akan ditampilkan kotak dialog Action Settings.
f. Atur setting pengaturan yang diinginkan (seperti pada point di atas).
g. Klik OK.
Keterangan:
Untuk teks yang berfungsi sebagai navigator maka teks tersebut akan digaris bawahi secara otomatis.

M.   MENYISIPKAN OBJEK AUDIO DAN VIDEO PADA PRESENTASI
Agar presentasi yang ditampilkan menjadi lebih menarik, slide-slide dapat kita masukkan objek berupa audio dan bahkan video. Untuk lebih jelasnya, simaklah uraian berikut.
a. Menambahkan Audio (Suara) Powerpoint 2007
Audio di sini dapat berupa iringan musik maupun audio pada saat pergantian teks atau slide. Cara untuk menyisipkan suara pada slide adalah sebagai berikut.
1) Buka slide yang akan disisipi suara.
2) Klik tab menu Insert.
3) Klik pada pilihan Movies and Sound kemudian pilih Sound From file, maka di layar muncul tampilan pilihan sound seperti pada gambar 3.42.
Gambar 3.42. Kotak dialog Insert Sound
Gambar 3.42. Kotak dialog Insert Sound
4) Klik pada salah satu pilihan Sound.
5) Klik tombol OK, di layar akan muncul tampilan sebagai berikut.
Gambar 3.43. Simbol speaker menandakan slide sudah tersisipi audio
Gambar 3.43. Simbol speaker menandakan slide sudah tersisipi audio
6) Klik tab menu Option (akan muncul secara otomatis pada saat simbol sound diklik).
7) Pilihlah submenu Sound Option untuk mengatur volume sound dan pengaturan efeknya.
Gambar 3.44. Submenu Sound Options untuk mengatur volume dan efek suara
Gambar 3.44. Submenu Sound Options untuk mengatur volume dan efek suara
b. Menyisipkan Video pada slide Powerpoint 2007
Agar presentasi yang akan ditampilkan lebih meyakinkan, dapat disisipi video dari kejadian nyata. Langkahnya adalah sebagai berikut.
1) Aktifkan slide yang akan disisipi suara
2) Pilih dan klik tab menu Insert.
3) Klik pada pilihan Movies and Sound, kemudian pilih Movie from File atau Movie from Clip Organizer, maka di layar muncul tampilan pilihan film yang akan dimasukkan ke dalam slide sebagai berikut.
Gambar 3.45. Penyisipan video pada slide presentasi
Gambar 3.45. Penyisipan video pada slide presentasi
4) Klik film yang Anda inginkan dan lakukan preview pada slide yang telah disisipi film.
Memasukkan Efek Animasi Powerpoint 2007
Animasi adalah pemberian efek suara, gerak serta pergantian pada teks atau gambar yang akan ditampilkan ke dalam layar. Tujuan pemberian animasi ini adalah agar presentasi yang dibuat tampak hidup, atraktif, dan menarik. Langkah yang harus dilakukan untuk memberi efek objek pada slide adalah sebagai berikut.
a. Klik objek atau gambar yang akan diberikan efek animasi.
b. Klik tab menu Animation.
c. Pilih submenu Custom Animation, di layar akan muncul tampilan seperti pada gambar 3.46.
Gambar 3.46. Proses memilih efek animasi
Gambar 3.46. Proses memilih efek animasi
d. Klik pada tombol Add Effect, selanjutnya pilihlah salah satu efek yang diinginkan.
e. Klik OK untuk menutup kotak dialog tersebut.
f. Lakukan hingga seluruh objek sudah diberi efek.
Melengkapi Slide dengan Jam, Tanggal, dan Header/Footer
Pada saat membuat slide presentasi, Anda tentu memerlukan halaman, tanggal dan waktu, serta catatan penting untuk slide pada halaman tertentu. Bagaimana cara melengkapi slide dengan fitur-fitur tersebut? Pelajari materi berikut agar Anda mampu melengkapi fitur yang telah disampaikan dengan benar.