Data Pribadi Saya

Nama Pemilik: Ig Fandy Jayanto

Alamat Rumah: Seputih Banyak, Kab. Lampung Tengah


Riwayat Pendidikan:

SD N 1 Sumber Baru
SMP N 1 Seputih Banyak
SMA Paramarta 1 {jurusan Ipa 1}
S1 di UM Metro {jurusan FKIP Matematika}

sedang menempuh pendidikan di Universitas Lampung (Unila)

Pekerjaan:
Guru di SMP Paramarta 1 Seputih Banyak
.........
.........
.........


Selasa, 03 April 2012

Permainan Matematika Kreatif Sulap Bahasa Komputer: Bilangan Biner


Permainan Matematika Kreatif Sulap Bahasa Komputer: Bilangan Biner

Meti bergembira pulang membawa setumpuk kartu. Al dan Geo penasaran, kartu apakah gerangan?
“Paman APIQ, coba bayangkan sebuah angka dari 1 sampai dengan 8, ” perintah Meti.
“OK. Sudah,” jawab Paman APIQ.
“Apakah ada di kartu ini?”
“Ya.”
“Ada di kartu ini?”
“Ya.”
“Ada di kartu ini?”
“Ya.”
“7, ” kata Meti.
“Benar,” sahut Paman APIQ.
“Kok bisa? ” Al dan Geo semakin penasaran.
“Siapa dulu dong… Meti!”
“Itu namanya bahasa komputer,” kata Paman APIQ.
“Apa maksudnya? Apa hubungannya dengan komputer?”
Paman APIQ menceritakan bahwa Paman APIQ bersama Bulik APIQ, Pak Dhe APIQ, dan Kakek APIQ juga mengembangkan permainan semacam itu. Permainan matematika kreatif semacam itu memang sangat menarik.

Komputer hanya berbicara dengan bahasa 0 dan 1 atau ON dan OFF. Sehingga bahasa komputer kita kenal sebagai sistem bilangan biner. Nanti kelak kita akan mengenal istilah assembly.
Misalkan kita hanya mengenal lambang 0 dan 1, bagaimana kita mengunkapkan bilangan-bilangan yang lebih besar dari 1?
0 = 0
1 = 1
2 = ???
Ya, kita dapat mengulang angka 0 dan 1.
2 = 10
3 = ….?
“Aku tahu,” sergah Al,
“3 = 11.”
“Betul.”
4 = …
“Giliranku sekarang…” kata Geo sambil berpikir.
10 = 2
11 = 3
4 = …?
“4 = 100, ” Geo sambil berteriak.
“Betul.”
Kemudian Al, Geo, Meti bersama Paman APIQ berlatih membuat tabel:
0 = 000
1 = 001
2 = 010
3 = 011
4 = 100
5 = 101
6 = 110
7 = 111
dan seterusnya.
“Mari kita bermain dengan pecahan, siap!” ajak Paman APIQ.
“Siap…” sahut Al, Geo, Meti.
“Pilih satu angka berikut ini:
0.25; 0.50; 0.75; 1.00; 1.25; 1.50; 1.75; 2.00 “
“Saya sudah pilih,” sahut Al.
“Apakah ada di sini…
0.25; 0.75; 1.25; 1.75 “
“Ya.”
“Apakah ada di sini…
0.50; 0.75; 1.50; 1.75 “
“Tidak.”
“Apakah ada di sini…
1.00; 1.25; 1.50; 1.75 “
“Ya.”
“1.25″
“Betul. Kok bisa sih…”
Itulah kehebatan bahasa komputer: sistem bilangan biner. Al, Geo, Meti melanjutkan permainan matematika kreatif APIQ bersama Paman APIQ.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang Di Blogger Ignasius Fandy Jayanto