Cara Berhitung Cepat Pembagian
dan Perkalian
Entah karena
semangat atau karena sedang marah, Saya berjalan dengan cepat sambil membawa
tumpukan kertas. Tampaknya Paman sedang mencari-cari tiga bocah kecil Al, Geo,
dan Meti.
“Lihat
nih…!” dengan nada ketus Saya menyodorkan tumpukan kertas ke atas meja.
Al, Geo,
Meti, diam saja. Mereka sedikit melirik tumpukan kertas itu. Terlihat beberapa
tulisan tentang matematika.
1842 : 6 =
…. = 37
3236 : 4 = …. = 89
5463 : 9 = …. = 67
6448 : 8 = …. = 86
4949 : 7 = …. = 77
3236 : 4 = …. = 89
5463 : 9 = …. = 67
6448 : 8 = …. = 86
4949 : 7 = …. = 77
“Hihihi….hiks….”
Meti cekikikan.
Al dan Geo
mau ikut cekikan tetapi takut karena tidak tahu pasti mengapa Meti bisa
cekikikan begitu.
“Ada apa
Meti !?” Saya bertanya dengan tegas.
“Lucu Paman…”
“Apanya yang lucu…!”
“Lucu Paman…”
“Apanya yang lucu…!”
“Ya…itu…pekerjaan matematika itu!”
Al dan Geo
buru-buru melihat pekerjaan matematika yang ada di tumpukan kertas itu….
1842 : 6 =
…. = 37
3236 : 4 = …. = 89
5463 : 9 = …. = 67
6448 : 8 = …. = 86
4949 : 7 = …. = 77
3236 : 4 = …. = 89
5463 : 9 = …. = 67
6448 : 8 = …. = 86
4949 : 7 = …. = 77
“Oooo….Hihihi….hiks….”
Geo ikut cekikikan.
Al makin penasaran saja. Meski tidak tahu pasti, Al ikut-kutan cekikan saja.
Al makin penasaran saja. Meski tidak tahu pasti, Al ikut-kutan cekikan saja.
“O….o….hihihi….”
Al cekikan dengan ragu-ragu.
Tiba-tiba Al
tertawa dengan sekeras-kerasnya,
“Huahaha…hahaha…haha….!”
“Huahaha…hahaha…haha….!”
“Tenang….!
Semuanya tenang dulu,” Saya melerai suasana.
“Soal
matematika tadi bukan dikerjakan oleh anak SD. Tetapi dikerjakan oleh anak SMP
dan SMA. Hasilnya? Ya… seperti itu.”
“Mungkin
mereka terburu-buru, Paman,” Meti membela diri sebagai seorang siswa.
“Mungkin
saja mereka terburu-buru. Tetapi tetap saja tidak boleh melakukan kesalahan
semacam itu.”
“Aku bisa
menebak mengapa mereka salah…!”
“Apa itu?” tanya Saya.
“Apa itu?” tanya Saya.
4949 : 7 =
…. = 77
Sepertinya
jawaban di atas benar. Apalagi sedang buru-buru. Karena dapat kita lihat bahwa
49 : 7 = 7,
maka 4949 : 7 = 77.
maka 4949 : 7 = 77.
Tetapi
jawaban kita ini salah.
Seperti yang
telah Saya jelaskan tentang pembulatan, mari kita uji dengan pembulatan:
77 x 7 = ….?
bulatkan
menjadi
77 x 10 =
770
770 terlalu
jauh dengan 4949 kan?
Saya telah
mengajarkan kita bahwa kita dapat menggunakan berbagai istilah dengan kreatif.
200 kita
baca dua ratus
400 kita baca empat ratus
1000 kita baca sepuluh ratus
4900 kita baca empat puluh sembilan ratus
dan seterusnya…
400 kita baca empat ratus
1000 kita baca sepuluh ratus
4900 kita baca empat puluh sembilan ratus
dan seterusnya…
4949 kita
baca empat puluh sembilan ratus empat puluh sembilan.
Maka
4900 : 7 = 700
49 : 7 = 7
4900 : 7 = 700
49 : 7 = 7
Jadi
4949 : 7 =
707.
Contoh:
5463 : 9 = …
5463 : 9 = …
54 ratus : 9
= …
63 : 9 = …
63 : 9 = …
5463 : 9 =
…. = 607
Contoh:
4249 : 7 = … = 607
2436 : 4 = ….
3515 : 5 = ….
6432 : 8 = ….
4249 : 7 = … = 607
2436 : 4 = ….
3515 : 5 = ….
6432 : 8 = ….
(Jawab: 804,
703, 609)
Akan lebih
menarik juga bila bermain dengan perkalian di atas.
Contoh:
705 x 4 = …
= 2820
7 ratus x 4
= 28 ratus
5 x 4 = 20
5 x 4 = 20
maka 705 x 4
= 2820
Contoh:
607 x 8 = …
409 x 4 = …
808 x 8 = …
607 x 8 = …
409 x 4 = …
808 x 8 = …
(Jawab:
6464, 1636, 4856)
Saya tampak
bangga dengan penjelasan dan pemahaman Meti terhadap konsep aritmetika dan
matematika. Al dan Geo juga terkesima dengan penjelasan Meti.
Salut untuk
Meti, Al, dan Geo…!
Bagaimana
menurut Anda?
Salam
hangat…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Selamat Datang Di Blogger Ignasius Fandy Jayanto