Data Pribadi Saya

Nama Pemilik: Ig Fandy Jayanto

Alamat Rumah: Seputih Banyak, Kab. Lampung Tengah


Riwayat Pendidikan:

SD N 1 Sumber Baru
SMP N 1 Seputih Banyak
SMA Paramarta 1 {jurusan Ipa 1}
S1 di UM Metro {jurusan FKIP Matematika}

sedang menempuh pendidikan di Universitas Lampung (Unila)

Pekerjaan:
Guru di SMP Paramarta 1 Seputih Banyak
.........
.........
.........


Rabu, 10 Oktober 2012

MICROSOFT WORD 2007




MICROSOFT WORD 2007
Untuk Memenuhi Tugas Kelompok Mata Kuliah Komputer 1 yang Diampu oleh
Swaditya Rizki, S.Si., M.Sc.

Disusun oleh:
1.      Ignasius Fandy Jayanto             11310006
2.      Edy Kurniawan                          11310049
3.      Tasrip                                         11310034
4.      Aqoqis Reztiarti Haeni              11310039
5.      Dedeh Winingsih                       11310016
6.      Triana Lestari                             11310011
7.      Rian Miftahul Huda                   11310007

PENDIDIKAN MATEMATIKA (A)
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah tentang Microsoft Word 2007 ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya. Selesainya penyusunan ini berkat bantuan dari berbagai pihak oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis sampaikan terima kasih kepada yang terhormat :

1.      Dosen pengampu mata Komputer 1 yang telah memberikan tugas, petunjuk, kepada kami sehingga kami termotivasi dan menyelesaikan tugas ini.
  1. Secara khusus penulis menyampaikan terima kasih kepada keluarga tercinta yang telah memberikan dorongan dan bantuan serta pengertian yang besar kepada penulis, baik selama mengikuti perkuliahan maupun dalam menyelesaikan makalah ini.
Diharapkan makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua. Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.
                                                                                    Metro, 03 Oktober 2012

                                                                                                   Penulis




Microsoft Word 2007

Pengertian Microsoft Word 2007

Microsoft word 2007 merupakan salah satu aplikasi yang disediakan dalam Microsoft Office 2007. Berbeda hal nya dengan Microsoft word 2003 microsoft word 2007 memiliki beberapa keunggulan dan kemudahan dalam membantu kita mengerjakan pekerjaan tulis-menulis ,misalnya menulis document, surat, famplet, kartu nama, brosur,dll dengan lebih baik.

Microsoft word 2007 telah mengalami perkembangan dan perbaikan yang lebih baik dari versi sebelumnya yaitu word 2003. Pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana memaksimalkan penggunaan Microsoft word 2007 versi Windows XP.
Memulai menggunakan Word 2007
Untuk menggunakan dan mengaktifkan word 2007 dapat dilakukan dengan langkah sebagai
berikut :
1.      Klik menu start pada taskbar
2.     Klik all programs -->Microsoft Office --> Microsoft Office Word 2007

Mengenal Microsoft Word

Microsoft Word merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang yang biasa digunakan untuk membuat laporan, dokumen berbentuk surat kabar, label surat, membuat tabel pada dokumen. Microsoft Word 2007 merupakan program pengolah kata terbaru dari Microsoft.
Berikut ini adalah beberapa istilah yang akan dipakai dalam mengoperasikan Microsoft Word 2007:

      Hotkey / shortcut
Berupa kombinasi beberapa tombol tertentu  pada keyboard yang menyebabkan program aplikasi yang sedang berjalan untuk melakukan suatu proses tertentu
      Toolbar (pada Mic. Word 2007 disebut ribbon)
Pada Mic. Word 2007, perintah-perintah sudah ditampulkan dalam grup-grup terpisah
      Ruler  margin (Indent)
Digunakan untuk mengatur batas kiri dan kanan dari suatu halaman
     First Line Indent
Digunakan untuk mengatur posisi huruf pertama pada setiap awal paragraf
     Hanging Indent
Digunakan untuk mengatur posisi huruf setelah baris pertama pada suatu paragraf
     Left Indent
Digunakan untuk mengatur batas kiri untuk semua teks
     Right Indent
Digunakan untuk mengatur batas kanan untuk semua teks

Perbedaan antara Tab, Ribbon dan Group
Tab adalah sederetan menu yang ditandai dengan teks. terdiri dari tab File, Insert, Page Layout, dll. Ribbon adalah area yang digunakan untuk menampilkan tab dan menu dari tab yang aktif. Sedangkan Group adalah kelompok menu dalam tiap Ribbon yang memiliki kesamaan fungsi.  Jadi, Ribbon menyediakan tab yang terdiri dari menu, dan menu sendiri terdiri dari beberapa Group, dan Group terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi.

Tampilan Jendela MS Word 2007

 

Office Button

Secara umum, Office Button terdiri dari dua area, yaitu area kiri dan area kanan. Area kiri berisi perintah seperti New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish, dan Close. Sedangkan di area kanan berisi pintasan file dokumen yang baru-baru ini dibuka.
Pada bagian bawah flyout ini terdapat dua tombol perintah, yaitu Word Option (digunakan untuk melakukan properti terhadap MS Word 2007) dan Exit Word (digunakan untuk menutup jendela MS Word). Berikut ini adalah contohnya.

 


Keterangan:

Nama Icon
Keterangan
New
digunakan untuk membuat file dokumen kosong baru
Open
digunakan untuk membuka file dokumen yang tersimpan
Save
perintah untuk menyimpan file dokumen aktif
Save As
digunakan untuk menyimpan file dokumen ke dalam format tertentu
Print
digunakan untuk mencetak file dokumen yang sedang aktif
Prepare
digunakan untuk melakukan properti khusus terhadap file dokumen aktif
Send
digunakan untuk mengirimkan file dokumen aktif sebagai email / faksimile
Publish
perintah untuk menerbitkan dokumen aktif ke website / blog / dll
Close
digunakan untuk menutup file dokumen aktif

 

Mengenal Fungsi Icon pada Tab Home

Tab Home terdiri dari lima Group yaitu, Clipboard, Font, Paragraph, Styles dan editing.

Group Clipboard

Group Clipboard terdiri dari sekumpulan menu yaitu:
Paste : untuk menempelkan hasil copy atau cut.
Cut : untuk memotong teks/objek terpilih.
Copy : untuk menggandakan teks/objek terpilih.
Format Painter : digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.
* Tombol panah kecil di sudut kanan-bawah setiap Group digunakan untuk mengakses pengaturan lanjutan mengenai fungsi suatu Group.

Group Font

Menu-menu di Group Font secara khusus berfungsi untuk pemformatan seputar huruf. Terdiri dari :
Font : untuk memilih jenis huruf
Font Size : untuk mengatur ukuran huruf
Grow Font : untuk memperbesar ukuran huruf secara instan
Shrink Font : untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
Change Case : untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
Clear Formatting : untuk menghapus pemformatan teks terpilih
Bold : untuk menebalkan teks terpilih
Italic : untuk memiringkan Teks terpilih
Underline : untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
Strikethrough : memberikan tanda coret padateks terpilih
Subscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
Superscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
Text Effect : untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih
Text Highlight Color : untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
Font Color : untuk mengatur warna teks terpilih.

Group Paragraph

Group Paragraph terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi untuk mengatur paragraf teks. perintah-perintah di Group Paragraph yaitu:
Bullets : untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
Numbering : untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih
Decrease Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
Increase Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
Left-to-Right : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
Right-to-Left : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
Sort : untuk menyortir data
Show Paragraph Marks : untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf
Align Text Left : untuk mengatur teks rata kiri
Center : untuk mengatur teks rata tengah
Align Text Right : untuk mengatur teks rata kanan
Justify : untuk mengatur teks rata kanan-kiri
Line Spacing : untuk mengatur jarak antar baris teks
Shading : untuk mengatur warna latar teks terpilih
Border : untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.

Group Styles

Group Styles terdiri dari dua menu. Yaitu:
Heading Styles : berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih
Change Styles : berisi pilihan pengaturan tema paragraf

Group Editing

Secara umum group Editing terdiri dari Find, Replace, dan Select. fungsinya adalah:
Find : untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
Replace : untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file
Select : digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file


Mengenal Elemen Jendela Word :

1.        Menu Bar
Menu bar bisa dibilang sama seperti menu horizontal pada blog, yang mempunyai sub menu. Menu bar terdiri atas Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View.
·        Home
Home merupakan menu utama yang akan tampil pada saat pertama kali anda membuka word 2007. Menu home terdiri dari toolbar standar yaitu font, tool bar formatting dan paragraph, style dan editing serta clipboard.
·         Insert
Menu insert terdiri dari : Pages, Tables, Illustrations, Links, Header & Footer, Text, Symbol.
·         Page Layout
Menu page layout terdiri dari : Themes, Page Setup, Page Background, Paragraph, Arrange.
·         References
References terdiri dari : Table of Contents, Footnotes, Citations & Bibliography, Captions, Index, Table of Authorities.
·         Mailings
Mailings terdiri dari : create, start mail merge, write & insert Fields, preview results, finish.
·         Review
Review terdiri dari : proofing Comments, Tracking, changes, Compare, Protect.
Fungsi Menu dan Sub Menu Microsoft Word 2007

2.     Menu file
Menu yang berhubungan dengan operasi terhadap file dokumen dengan sub menu
sebagaiberikut:
New Membuat dokumen baru.
Open Membuka file dari piranti/ media menyimpan
Close Menutup jendela dokumen aktif
Save menyimpan dokumen yang masih aktif
Save AS menyimpan dokumen yang belum mempunyai nama atau Mengganti nama file dokumen yang akan disimpan.
Save As Menyimpan dokumen dalam bentuk halaman web.
Web Page melihat contoh tampilan halaman web yang dibuat dan yang akan di cetak
Page Setup Mengatur halaman dokumen yang akan di cetak.
Prin Preview Melihat contoh hasil cetakan dokumen (margins, ukuran kertas) sebelum dicetak melalui printer.
Print Mencetak dokumen
Send To Mengirim dokumen
Properties Mebuat ringkasan dari dokemen yang aktif
Exit Keluar dari Word sebelum menutup semua dokumen

3.     Menu Edit

Menu yang berhubungan dengan penyuntigan (editing) tergadap file dokumen dengan submenu sebagai berikut:
Undo Membatalkan perintah yang terakhir di lakukan.
Repeat Mengulangi perintah terahir yang sebelumnya dibatalkan melalui perintah Undo.
Cut Memotong sebagian atau seluruh data
Copi Menyalin data
Paste Menyisipkan/meletakkan hasil copi dan Cut
Paste special Fasilitas pendukung perintah cat dan copi terhadap hiper ling pada document
Clear Membersihan atau menghapus semua data yang ada didokumen.
Select All Memilih (memblok) seluruh isi dari dokumen
Find Mencari data pada dokumen
Replace Menggantikan data pada dokumen dengan data baru
Go to berpindah kehalaman tertentu dari dokumen bagian-bagian dari dokumen atau Footnote.
Links Menampilkan atau mengubah setiap link yang ada di file dokumen
Objek Mengedit objek yang berasal dari inser yang behubungan dengan link (objek Clipart, dll)

4.     Menu Insert
Menu yang berhubungan dengan penyisipan pada file dokumen. Dengan submenu sebagai berikut:
Break Untuk membuat pemutusan halaman, section, kolom ataupun teks dari dokumen word.
Page numbers Menyisipkan nomer halaman
Date and Time Menyisipkan tanggal dan waktu
Autotext Menyisipkan teks tertentu
Field Menyisipkan field
Symbol Menyisipkan symbol
Comments Memberikan komentar kelembar kerja
Footnote Menyusipkan catatan kaki dokumen
Cattions Menyusipkan judul table grafik atau persamaan dalam table
Croosreverense Menyisipkan reverensi silang
Indeks and
Tables Menyisipkan indeks dokumen. Daftar isi, daftar gambar
Picture menyisipkan gambar dari fasilitas cliptart, pronfile autosave oraganitation carh dan wordart
Textbox Menyisipkan kotak yang dapat diisi tekst
File Menyisipkan file dokumen
Objekt Menyisipkan object

5.     Menu format
Menu yang berhubungan dengan operasi pengaturan terhadap file dokumen dengan submenus sbb:
Font Mengatur tampilan font yang digunakan dalam dokumen.
Paragraph Mengatur paragraph
Bullet and Numbering Mengatur pemberian tanda dan penomoran item.
Border and Sanding Mengatur batas-batas dan pembuatan efek bayangan
Colums Mengatur laju kolums dalam dokumed
Tabs Mengatur letak tabulasi dokumen
Changecase Mengubah huruf capital
Background Mengatur warna latar belakan dari dokumen
Theme Mengganti stile dokumen
Frames mengatur frames
Autoformat Mengatur secara otomatis
Stile Mengatur stile paragraph

6.     Menu Tools
Menu yang berhubungan dengan oprasi terhadap file dokumen dengan submenu sbb:

Speeling and Grammar Memeriksa ejaan pada kata dokumen
Language Mengatur penggunaan bahasa
Wordcoumt Penghitungan jumlah halaman huruf, kata dan paragraph
AutoCorrect Untuk menggabungkan dokumen
TrackChanges Melihat pengubahan data yang dilakukan berdasarkan waktu, siapa dan dimana pengubahan itu terjadi didalam jaringan computer
ProtectDocumen Mengamangkan atau memproteksi dokumen Online
Collaboration Menyusun dan mengadakan pertemuan beserta dengan jadwalnya,fasilitas ini terdiri dari MeetNow, Schedule Meeting dan Web Discussion.
MailMange Menggunakan fasilitas mail marge
Enveleps and Lables Pembuatan surat dan label
LetterWizzards Membuat surat dengan fasilitas dantuan dari word
Macro Membuat atau menjalangkan program macro mengedit atau menghapus maero and
Templates
Add ins Mengaktifkan atau menonaktifkan program add and template word
Costumede Menta toolbars menambahkan comman baru, membuat menu dan toolbars sesuai dengan keinginan pengguna.
Otions Pilihan dalam pengaturan

7.     Menu Table
Menu yang berhubungan dengan pembuatan table dalam dokumen. Dengan submenu sebagai berikut:

DrawTable Membuat table dengan menggambar
Insert Menyisipkan table
Delete Mengahapus data
Margecls Menggabungkan sel-sel dalam table
Splitcels memisahkan sel-sel dalam table
Convert Mengkonversi table ke teks atau sebaliknya
Sort Mengurutkan data dalam table
Table property menampilkan rangkuman dalam table

8.     Menu Window
Menu yang berhubungan dengan pengaturan terhadap jendela kerja dari dokumen dengan sub menu sebagai berikut :
Submenu

NewWindows Memperlihatkan dokumen yang sedang di edit pada jendela baru
Arrangeall Mengatur jendela dari dokumen
Spilt Membagi dokumen menjadi beberapa bagian

9.     Menu Help
Menu yang berhubungan dengan pasilitas bantuan dari word






Membuat Dokumen Baru

Jika kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulisi. Namun, jika komputer tidak secara otomatis menyediakan dokumen kosong, ada 2 cara yang dapat menjadi alternatif dalam membuat dokumen baru.
1.      Click icon atau tekan Alt+F à New à Blank Document
2.      Tekan Ctrl+N pada keyboard


Membuka File yang sudah Tersimpan

Ada beberapa cara untuk membuka file yang telah tersimpan dalam folder komputer kalian, antara lain :
1.      Click icon atau tekan Alt+F à Open
2.      Tekan Ctrl+O pada keyboard
Dari ketiga cara di atas, akan menghasilkan tampilan kotak dialog Open File, pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu. Click tombol Open, maka file yang dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.




Menyimpan Dokumen

Segera setelah memulai penulisan sebuah dokumen sedapat mungkin dilakukan penyimpanan. Hal ini bertujuan untu menghindari dari hilangnya dokumen.
Ada beberapa cara untuk menyimpan file dalam folder komputer kalian, antara lain:
1.      Click icon  atau tekan Alt+F à Save As
2.      Klik icon Save  pada ribbon
3.      Tekan Ctrl+S pada keyboard
Kemudian akan ditampilkan kotak Dialog Save As. Ketikkan nama file dokumen anda, dan Click Save.


Menutup File Dokumen

1.       Click icon  atau tekan Alt+F à Close
2.       Klik icon pada ribbon


Menutup Jendela Microsoft Word

Pada saat menutup jendela Microsoft word, anda pastikan terlebih dahulu bahwa dokumen telah tersimpan dengan benar.
1.      Click icon atau tekan Alt+F àExit Word
2.      Click  pada kanan atas dari jendela Microsoft Word


Mengedit Teks

Jika anda membuat kesalahan selama penulisan teks, Anda dapat memperbaikinya dengan :
1.      Tekan tombol BacksSpace pada keyboard untuk menghapus satu karakter di kiri titik sisip.
2.      Tekan tombol Delete pada keyboard untuk menghapus karakter di kanan titik sisip.
3.      Tekan Ctrl+Y pada keyboard, untuk melakukan pengualangan teks (repeat).
4.      Tekan Ctrl+Z pada keyboard atau klik icon Undo pada ribbon, untuk menghapus teks
5.      Untuk pindah ke baris baru tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraf, tekan tombol Shift+Enter.

Mengcopy Teks

Untuk meng-copy teks yang anda pilih ke lokasi lain, lakukan :
1.      Block teks yang akan anda copy
2.      Click icon copy  pada ribbon
3.      Click icon paste             pada ribbon
Selain cara copy-paste di atas, ada juga cara lain dengan menggunakan keyboard. Untuk mengcopy gunakan Ctrl+C sedangkan untuk paste gunakan Ctrl+V.


Memformat Teks

Anda dapat mengatur format teks dengan menggunakan salah satu cara berikut ini :
1.      Block teks yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai yang anda inginkan.
2.      Tempatkan kursor pada posisi awal kemudian mengatur formatnya. Dengan cara ini, semua teks yang Anda ketik mulai dari posisi awal akan mengikuti format yang Anda pilih sampai Anda melakukan perubahan kembali atau memindahkan posisi kursor ke bagian lain dari dokumen.


Breaks
Kadang dalam menulis naskah ada suatu halaman atau kolom yang belum terisi sementara kita harus berpindah ke halaman lain. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus menekan tombol enter berulang kali. Caranya dengan menggunakan ribbon Insert à page break atau  page layout à breaks à page atau cukup dengan menggunakan hotkey Ctrl+Enter
Membuat Kolom Berita
Langkah – Langkah untuk membuat kolom berita :
1.      Click menu tab Page Layout pada ribbon
2.      Pilih Columns yang terletak pada ribbon Page Setup
3.      Pilih banyak pembagian kolom yang anda inginkan


Membuat Table
Untuk membuat table biasanya kita lebih mudah dengan menggunakan Microsoft Excel. Akan tetapi Microsoft Word juga menyediakan fasilitas untuk membuat sebuah table. Dimana dalam pembuatan table-nya terhitung lebih mudah daripada dengan menggunakan Word 2003.
Langkah – Langkah pembuatan table :
1.      Klik menu Insert pada ribbon
2.      Pilih icon table , kemudian Insert Table
Dalam pembuatan sebuah table disediakan beberapa menu tambahan, antara lain :
1.      Insert
Dengan menu Insert kita dapat menambahkan kolom, baris, dan cell pada saat pembuatan table.
Langkah-Langkah : Klik kanan pada table à Insert à Insert …… (sesuai yg anda inginkan)
2.      Merge
Dengan Merge kita dapat menggabungkan beberapa kolom/baris menjadi satu.
Langkah-Langkah :
a.    Block baris atau kolom yg anda inginkan terlebih dahulu
b.   Klik kanan à Merge Cells
3.       Table properties, digunakan untuk mengatur tampilan table. 
  Langkah-Langkah :
a.       Block tabel terlebih dahulu
b.      Klik kanan à Table Properties


Mengatur Halaman Saat Mengetik Makalah Pada Microsoft Word 2007

Pernahkah Anda mengetik makalah yang lengkap dengan cover, halaman pengesahan, kata pengantar, daftar isi, abstrak, dan sebagainya? Untuk kategori halaman depan tersebut, biasanya halaman dimulai dari halaman i (bukan 1), ii, iii, iv, dan seterusnya. Sedangkan ketika mulai dari Bab I, barulah halaman dimulai dari 1 dan kemudian 2, 3, dst.
Biasanya, kita akan membuat 2 buah file terpisah, yaitu untuk halaman depan dan untuk halaman isi. Satu file dengan format halaman i, ii, iii, dan seterusnya, sedang file yang lain dimulai dari 1, 2, 3, dan seterusnya.
Selain itu, ketika pada suatu halaman pada makalah ingin ditampilkan suatu halaman yang orientasinya landscape, kita juga sering bingung dan memisahkannya ke file yang lain lagi.
Dengan menggunakan Microsoft Word, Anda bisa melakukan hal-hal di atas tanpa memisahkan dokumen ke berbagai file berbeda. Program yang  saya gunakan adalah Microsoft Word 2007 Home & Student.


Memberi 2 Jenis Nomor Halaman yang Berbeda Pada Dokumen yang Sama
Pertama, biar mudah, mari buat sebuah halaman cover, dan sebuah halaman isi.
word1
Selanjutnya, saya akan sebut halaman yang tulisannya “JUDUL MAKALAH” sebagai halaman depan dan yang tulisannya “BAB I” sebagai halaman isi. Anda perhatikan? Sekarang buka tab “Page Layout” dan pada group “Page Setup”, cari tulisan “Breaks”. Klik bagian tersebut, ada beberapa pilihan seperti di bawah ini.
word1
Klik pada sub menu “Next Page”. Halaman dibawah akan tergeser satu. Atur kembali posisinya. Kemudian, letakkan kursor di halaman cover. Klik tab “Insert” kemudian, pada group “Header & Footer”, pilih “Page Numbers”. Pada menu yang muncul, pilih “Format Page Numbers…”, gunakan setting sebagai berikut.
word1
Klik OK. Kemudian, tambahkan nomor halaman pada menu yang sama. Atur posisinya sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya, di sudut kiri bawah. Perhatikan hasilnya.
Lho, kok masih sih? Halaman 2 nya kan seharusnya 1, bukan ii? Eh, lho, kok halaman 2 halamannya i juga sih? Oke, oke, tenang. Sekarang pindahkan kursor ke halaman isi. Buka “Format Page Numbers…” dengan langkah-langkah seperti di atas. Gunakan setting berikut.
word1
Klik OK, dan Anda akan lihat semuanya telah seperti yang diinginkan :).
Sebenarnya apa yang telah terjadi?
Ketika meng-klik menu “Next Page” pada langkah-langkah awal tadi, Anda telah mendefinisikan sebuah section yang berbeda dengan section tempat Anda. Ketika Anda mengetik dokumen pertama kali, secara otomatis semua halaman diberi nama section 1. Ketika mengklik menu tersebut, Anda telah membuat section baru bernama section 2. Kedua section tersebut bisa dibedakan format halamannya. Demikian juga dengan format lainnya (orientasi halaman misalnya). Anda bisa menambahkan section-section yang lain jika diperlukan.

Menyisipkan Halaman Landscape di Tengah-tengah Halaman Portrait (dan sebaliknya)
Sekarang, mari selesaikan kasus kedua. Pada halaman 2 (berarti halaman 3 jika halaman depan dianggap halaman 1) misalnya Anda ingin menambahkan sebuah halaman tabel dengan orientasi halaman mendatar. Bagaimana caranya.
Sama, pertama yang harus Anda lakukan adalah buat section baru. Sudah tahu caranya kan? Klik “Next Page” seperti yang telah dijelaskan di awal. Setelah itu cari tab “Page Layout”, kemudian pada halaman yang diinginkan, cari group “Page Setup” dan klik pada menu “Orientation”. Pilih “Landscape”, dan jreng-jreng! Halaman Landscape tersisip ditengah-tengah halaman Portrait.
word1
Tunggu, tunggu. Kok halamannya jadi ngaco? Halaman yang seharusnya 2 jadi tetap halaman 1. Oke. Buka lagi pada “Format Page Numbers”, kemudian silakan centang pilihan “Continue from previous section” dan klik OK. Nomor halaman akan kembali melanjutkan halaman sebelumnya.
Lalu, bagaimana kalau mau mengetik dengan orientasi Portrait lagi? Mudah saja. Buat section baru lagi dengan meng-klik “Next Page” seperti langkah-langkah awal di atas. Akan tercipta halaman baru yang masih Landscape bukan? Atur kembali orientasinya menjadi Portrait, seperti langkah sebelumnya. Halaman akan kembali berubah orientasinya.
Masih terganjal dengan nomor halaman? Lakukan langkah yang sama. Buka “Format Page Numbers…” dan atur pada pilihan “Continue from previous section”.
Dengan begini, Anda tidak perlu memisahkan halaman-halaman dengan format nomor yang berbeda ke file yang berbeda. Cukup menggunakan satu file saja.


BAB II
PENUTUP

1. Saran
Dalam mempelajari Microsoft Word 2007 sebaiknya anda senang dulu dan jangan hilang semangat saat mempelajarinya.

2. Kesimpulan
Program Microsoft Word 2007 adalah program pengolah kata yang sangat dinamis dan mudah dalam menjalankannya. Microsoft Word 2007 juga akan sangat membantu pekerjaan pegawai kantor ataupun pelajar.
 



DAFTAR PUSTAKA


http://penaone.blogspot.com/2011/04/makalah-microsoft-word-2007.htmls
http://www.scribd.com/doc/26804232/Artikrl-Microsoft-Word-2007
jawaposting.blogspot.com/2011/04/pengertian-microsoft-word.html
http://www.scribd.com/doc/28085068/Penggunaan-Microsoft-Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang Di Blogger Ignasius Fandy Jayanto