MICROSOFT WORD 2007
Untuk Memenuhi Tugas Kelompok Mata Kuliah Komputer 1 yang
Diampu oleh
Swaditya Rizki, S.Si.,
M.Sc.
Disusun
oleh:
1.
Ignasius
Fandy Jayanto 11310006
2.
Edy
Kurniawan 11310049
3.
Tasrip 11310034
4.
Aqoqis
Reztiarti Haeni 11310039
5.
Dedeh
Winingsih 11310016
6.
Triana
Lestari 11310011
7.
Rian
Miftahul Huda 11310007
PENDIDIKAN
MATEMATIKA (A)
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH METRO
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah tentang Microsoft Word 2007 ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya. Selesainya penyusunan ini berkat bantuan dari berbagai pihak oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis sampaikan terima kasih kepada yang terhormat :
1. Dosen pengampu mata Komputer 1
yang telah memberikan tugas, petunjuk, kepada kami sehingga kami termotivasi
dan menyelesaikan tugas ini.
- Secara khusus penulis menyampaikan terima kasih kepada keluarga tercinta yang telah memberikan dorongan dan bantuan serta pengertian yang besar kepada penulis, baik selama mengikuti perkuliahan maupun dalam menyelesaikan makalah ini.
Diharapkan makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua. Kami
menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan
saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi
kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak
yang telah berperan serta dalam penyusunan
makalah ini
dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita.
Amin.
Metro,
03 Oktober 2012
Penulis
Microsoft Word 2007
Pengertian
Microsoft Word 2007
Microsoft word 2007 merupakan salah satu aplikasi yang
disediakan dalam Microsoft Office 2007. Berbeda hal nya dengan Microsoft word
2003 microsoft word 2007 memiliki beberapa keunggulan dan kemudahan dalam
membantu kita mengerjakan pekerjaan tulis-menulis ,misalnya menulis document,
surat, famplet, kartu nama, brosur,dll dengan lebih baik.
Microsoft word 2007 telah mengalami perkembangan dan perbaikan
yang lebih baik dari versi sebelumnya yaitu word 2003. Pada tutorial kali ini
saya akan menjelaskan tentang bagaimana memaksimalkan penggunaan Microsoft word
2007 versi Windows XP.
Memulai menggunakan Word 2007
Untuk menggunakan dan mengaktifkan word 2007 dapat dilakukan
dengan langkah sebagai
berikut :
1. Klik menu start pada
taskbar
2.
Klik all programs -->Microsoft Office --> Microsoft Office Word 2007
Mengenal Microsoft Word
Microsoft Word merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang
yang biasa digunakan untuk membuat laporan, dokumen berbentuk surat kabar,
label surat, membuat tabel pada dokumen. Microsoft Word 2007
merupakan program pengolah kata terbaru dari Microsoft.
Berikut ini adalah beberapa istilah yang akan dipakai dalam
mengoperasikan Microsoft Word 2007:
Hotkey / shortcut
Berupa kombinasi beberapa tombol
tertentu pada keyboard yang menyebabkan
program aplikasi yang sedang berjalan untuk melakukan suatu proses tertentu
Toolbar (pada Mic. Word 2007 disebut ribbon)
Pada Mic. Word 2007, perintah-perintah
sudah ditampulkan dalam grup-grup terpisah
Ruler margin (Indent)
Digunakan untuk mengatur batas kiri
dan kanan dari suatu halaman
First Line Indent
Digunakan untuk mengatur posisi huruf pertama
pada setiap awal paragraf
Hanging Indent
Digunakan untuk mengatur posisi huruf
setelah baris pertama pada suatu paragraf
Left Indent
Digunakan untuk mengatur batas kiri
untuk semua teks
Right Indent
Digunakan untuk mengatur batas kanan
untuk semua teks
Perbedaan antara Tab, Ribbon dan Group
Tab adalah sederetan menu yang ditandai
dengan teks. terdiri dari tab File, Insert, Page Layout, dll. Ribbon
adalah area yang digunakan untuk menampilkan tab dan menu dari tab yang aktif.
Sedangkan Group adalah kelompok menu dalam tiap Ribbon yang memiliki
kesamaan fungsi. Jadi, Ribbon menyediakan tab yang terdiri dari menu, dan
menu sendiri terdiri dari beberapa Group, dan Group terdiri dari sekumpulan
menu yang memiliki kesamaan fungsi.
Tampilan Jendela MS Word 2007
Office Button
Secara umum, Office Button terdiri dari dua area,
yaitu area kiri dan area kanan. Area kiri berisi perintah seperti New, Open, Save,
Save As, Print, Prepare, Send, Publish, dan Close. Sedangkan di area kanan
berisi pintasan file dokumen yang baru-baru ini dibuka.
Pada bagian bawah flyout ini terdapat dua tombol
perintah, yaitu Word Option (digunakan untuk melakukan properti terhadap MS
Word 2007) dan Exit Word (digunakan untuk menutup jendela MS Word). Berikut ini
adalah contohnya.
Keterangan:
Nama Icon
|
Keterangan
|
New
|
digunakan untuk membuat file dokumen kosong baru
|
Open
|
digunakan untuk membuka file dokumen yang tersimpan
|
Save
|
perintah untuk menyimpan file dokumen aktif
|
Save As
|
digunakan untuk menyimpan file dokumen ke dalam format
tertentu
|
Print
|
digunakan untuk mencetak file dokumen yang sedang aktif
|
Prepare
|
digunakan untuk melakukan properti khusus terhadap file
dokumen aktif
|
Send
|
digunakan untuk mengirimkan file dokumen aktif sebagai
email / faksimile
|
Publish
|
perintah untuk menerbitkan dokumen aktif ke website / blog
/ dll
|
Close
|
digunakan untuk menutup file dokumen aktif
|
Mengenal Fungsi Icon pada Tab Home
Tab Home terdiri dari lima Group yaitu, Clipboard,
Font, Paragraph, Styles dan editing.
Group Clipboard
Group Clipboard terdiri dari sekumpulan menu yaitu:
Paste : untuk menempelkan hasil copy atau cut.
Cut : untuk memotong teks/objek terpilih.
Copy : untuk menggandakan teks/objek terpilih.
Format Painter : digunakan untuk meniru format
halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.
* Tombol panah kecil di sudut kanan-bawah
setiap Group digunakan untuk mengakses pengaturan lanjutan mengenai fungsi suatu
Group.
Group Font
Menu-menu di Group Font secara khusus berfungsi
untuk pemformatan seputar huruf. Terdiri dari :
Font : untuk memilih jenis huruf
Font Size : untuk mengatur ukuran huruf
Grow Font : untuk memperbesar ukuran huruf secara
instan
Shrink Font : untuk memperkecil ukuran huruf secara
instan
Change Case : untuk mengubah status huruf
kapital/huruf kecil
Clear Formatting : untuk menghapus pemformatan teks
terpilih
Bold : untuk menebalkan teks terpilih
Italic : untuk memiringkan Teks terpilih
Underline : untuk memberikan garis bawah pada teks
terpilih
Strikethrough : memberikan tanda coret padateks
terpilih
Subscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
Superscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
Text Effect : untuk memberikan efek artistik pada
teks terpilih
Text Highlight Color : untuk memberikan warna
stabilo di belakang teks terpilih
Font Color : untuk mengatur warna teks terpilih.
Group Paragraph
Group Paragraph terdiri dari sekumpulan menu yang
memiliki kesamaan fungsi untuk mengatur paragraf teks. perintah-perintah di
Group Paragraph yaitu:
Bullets : untuk memberikan tanda bullet di tiap
paragraf terpilih
Numbering : untuk memberikan format penomoran di
tiap paragraf terpilih
Decrease Indent : untuk menggeser baris kedua
paragraf ke kiri
Increase Indent : untuk menggeser baris kedua
paragraf ke kanan
Left-to-Right : untuk menjadikan arah teks berjalan
dari kiri ke kanan (format Latin)
Right-to-Left : untuk menjadikan arah teks berjalan
dari kanan ke kiri (format Arab)
Sort : untuk menyortir data
Show Paragraph Marks : untuk menampilkan /
menyembunyikan tanda koreksi paragraf
Align Text Left : untuk mengatur teks rata kiri
Center : untuk mengatur teks rata tengah
Align Text Right : untuk mengatur teks rata kanan
Justify : untuk mengatur teks rata kanan-kiri
Line Spacing : untuk mengatur jarak antar baris
teks
Shading : untuk mengatur warna latar teks terpilih
Border : untuk memberikan garis tepi pada teks
terpilih.
Group Styles
Group Styles terdiri dari dua menu. Yaitu:
Heading Styles : berisi pilihan format
judul/subjudul dari paragraf terpilih
Change Styles : berisi pilihan pengaturan tema
paragraf
Group Editing
Secara umum group Editing terdiri dari Find,
Replace, dan Select. fungsinya adalah:
Find : untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword
tertentu dalam suatu file
Replace : untuk mencari dan mengganti kata yang
ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file
Select : digunakan untuk memilih objek atau teks
tertentu di dalam suatu file
Mengenal Elemen Jendela Word :
1.
Menu Bar
Menu bar bisa dibilang sama seperti
menu horizontal pada blog, yang mempunyai sub menu. Menu bar terdiri atas Home,
Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View.
·
Home
Home merupakan menu utama yang akan tampil pada saat pertama
kali anda membuka word 2007. Menu home terdiri dari toolbar standar yaitu font,
tool bar formatting dan paragraph, style dan editing serta clipboard.
·
Insert
Menu insert terdiri dari : Pages, Tables, Illustrations,
Links, Header & Footer, Text, Symbol.
·
Page Layout
Menu page layout terdiri dari : Themes, Page Setup, Page
Background, Paragraph, Arrange.
·
References
References terdiri dari : Table of Contents, Footnotes,
Citations & Bibliography, Captions, Index, Table of Authorities.
·
Mailings
Mailings terdiri dari : create, start mail merge, write &
insert Fields, preview results, finish.
·
Review
Review terdiri dari : proofing Comments, Tracking, changes,
Compare, Protect.
Fungsi Menu dan Sub Menu Microsoft Word 2007
2. Menu file
Menu yang berhubungan dengan operasi terhadap file dokumen
dengan sub menu
sebagaiberikut:
New Membuat dokumen baru.
Open Membuka file dari piranti/ media
menyimpan
Close Menutup jendela dokumen aktif
Save menyimpan dokumen yang masih aktif
Save AS menyimpan dokumen yang belum
mempunyai nama atau Mengganti nama file dokumen yang akan disimpan.
Save As Menyimpan dokumen dalam bentuk
halaman web.
Web Page melihat contoh tampilan halaman web
yang dibuat dan yang akan di cetak
Page Setup Mengatur halaman
dokumen yang akan di cetak.
Prin Preview Melihat contoh
hasil cetakan dokumen (margins, ukuran kertas) sebelum dicetak melalui
printer.
Print Mencetak dokumen
Send To Mengirim dokumen
Properties Mebuat ringkasan
dari dokemen yang aktif
Exit Keluar dari Word sebelum menutup
semua dokumen
3. Menu Edit
Menu yang berhubungan dengan penyuntigan (editing) tergadap
file dokumen dengan submenu sebagai berikut:
Undo Membatalkan perintah yang terakhir di
lakukan.
Repeat Mengulangi perintah terahir yang
sebelumnya dibatalkan melalui perintah Undo.
Cut Memotong sebagian atau seluruh data
Copi Menyalin data
Paste Menyisipkan/meletakkan hasil copi dan
Cut
Paste special Fasilitas pendukung perintah
cat dan copi terhadap hiper ling pada document
Clear Membersihan atau menghapus semua data yang ada didokumen.
Select All Memilih (memblok) seluruh isi dari dokumen
Clear Membersihan atau menghapus semua data yang ada didokumen.
Select All Memilih (memblok) seluruh isi dari dokumen
Find Mencari data pada dokumen
Replace Menggantikan data pada dokumen dengan
data baru
Go to berpindah kehalaman tertentu dari
dokumen bagian-bagian dari dokumen atau Footnote.
Links Menampilkan atau mengubah setiap link yang ada di file dokumen
Objek Mengedit objek yang berasal dari inser yang behubungan dengan link (objek Clipart, dll)
Links Menampilkan atau mengubah setiap link yang ada di file dokumen
Objek Mengedit objek yang berasal dari inser yang behubungan dengan link (objek Clipart, dll)
4. Menu Insert
Menu yang berhubungan dengan penyisipan pada file dokumen.
Dengan submenu sebagai berikut:
Break Untuk membuat pemutusan halaman, section,
kolom ataupun teks dari dokumen word.
Page numbers Menyisipkan nomer halaman
Page numbers Menyisipkan nomer halaman
Date and Time Menyisipkan
tanggal dan waktu
Autotext Menyisipkan teks tertentu
Field Menyisipkan field
Symbol Menyisipkan symbol
Comments Memberikan komentar kelembar kerja
Footnote Menyusipkan catatan kaki dokumen
Cattions Menyusipkan judul table grafik atau
persamaan dalam table
Croosreverense Menyisipkan
reverensi silang
Indeks and
Indeks and
Tables Menyisipkan indeks dokumen. Daftar
isi, daftar gambar
Picture menyisipkan gambar dari fasilitas
cliptart, pronfile autosave oraganitation carh dan wordart
Textbox Menyisipkan kotak yang dapat diisi
tekst
File Menyisipkan file dokumen
Objekt Menyisipkan object
5. Menu format
Menu yang berhubungan dengan operasi pengaturan terhadap file
dokumen dengan submenus sbb:
Font Mengatur tampilan font yang digunakan
dalam dokumen.
Paragraph Mengatur paragraph
Bullet and Numbering Mengatur pemberian tanda dan penomoran item.
Border and Sanding Mengatur batas-batas dan pembuatan efek bayangan
Colums Mengatur laju kolums dalam dokumed
Colums Mengatur laju kolums dalam dokumed
Tabs Mengatur letak tabulasi dokumen
Changecase Mengubah huruf
capital
Background Mengatur warna
latar belakan dari dokumen
Theme Mengganti stile dokumen
Frames mengatur frames
Autoformat Mengatur secara
otomatis
Stile Mengatur stile paragraph
6. Menu Tools
Menu yang berhubungan dengan oprasi terhadap file dokumen
dengan submenu sbb:
Speeling and Grammar Memeriksa ejaan pada kata dokumen
Language Mengatur penggunaan bahasa
Wordcoumt Penghitungan jumlah halaman huruf, kata dan paragraph
AutoCorrect Untuk menggabungkan dokumen
TrackChanges Melihat pengubahan data yang dilakukan berdasarkan waktu, siapa dan dimana pengubahan itu terjadi didalam jaringan computer
ProtectDocumen Mengamangkan atau memproteksi dokumen Online
Collaboration Menyusun dan mengadakan pertemuan beserta dengan jadwalnya,fasilitas ini terdiri dari MeetNow, Schedule Meeting dan Web Discussion.
Language Mengatur penggunaan bahasa
Wordcoumt Penghitungan jumlah halaman huruf, kata dan paragraph
AutoCorrect Untuk menggabungkan dokumen
TrackChanges Melihat pengubahan data yang dilakukan berdasarkan waktu, siapa dan dimana pengubahan itu terjadi didalam jaringan computer
ProtectDocumen Mengamangkan atau memproteksi dokumen Online
Collaboration Menyusun dan mengadakan pertemuan beserta dengan jadwalnya,fasilitas ini terdiri dari MeetNow, Schedule Meeting dan Web Discussion.
MailMange Menggunakan fasilitas mail marge
Enveleps and Lables Pembuatan surat dan label
LetterWizzards Membuat surat dengan fasilitas dantuan dari word
Macro Membuat atau menjalangkan program macro mengedit atau menghapus maero and Templates
Add ins Mengaktifkan atau menonaktifkan program add and template word
Costumede Menta toolbars menambahkan comman baru, membuat menu dan toolbars sesuai dengan keinginan pengguna.
LetterWizzards Membuat surat dengan fasilitas dantuan dari word
Macro Membuat atau menjalangkan program macro mengedit atau menghapus maero and Templates
Add ins Mengaktifkan atau menonaktifkan program add and template word
Costumede Menta toolbars menambahkan comman baru, membuat menu dan toolbars sesuai dengan keinginan pengguna.
Otions Pilihan dalam pengaturan
7. Menu Table
Menu yang berhubungan dengan pembuatan table dalam dokumen.
Dengan submenu sebagai berikut:
DrawTable Membuat table dengan menggambar
Insert Menyisipkan table
Delete Mengahapus data
Margecls Menggabungkan sel-sel dalam table
Splitcels memisahkan sel-sel dalam table
Convert Mengkonversi table ke teks atau sebaliknya
Sort Mengurutkan data dalam table
Table property menampilkan rangkuman dalam table
Delete Mengahapus data
Margecls Menggabungkan sel-sel dalam table
Splitcels memisahkan sel-sel dalam table
Convert Mengkonversi table ke teks atau sebaliknya
Sort Mengurutkan data dalam table
Table property menampilkan rangkuman dalam table
8. Menu Window
Menu yang berhubungan dengan pengaturan terhadap jendela kerja
dari dokumen dengan sub menu sebagai berikut :
Submenu
NewWindows Memperlihatkan dokumen yang sedang di edit pada jendela baru
Arrangeall Mengatur jendela dari dokumen
Spilt Membagi dokumen menjadi beberapa bagian
Arrangeall Mengatur jendela dari dokumen
Spilt Membagi dokumen menjadi beberapa bagian
9. Menu Help
Menu yang berhubungan dengan pasilitas bantuan dari word
Membuat Dokumen Baru
Jika kita baru memulai
mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen
kosong yang siap untuk ditulisi. Namun, jika komputer tidak secara otomatis
menyediakan dokumen kosong, ada 2 cara yang dapat menjadi alternatif dalam
membuat dokumen baru.
1. Click icon atau tekan Alt+F à New à Blank
Document
2. Tekan
Ctrl+N pada keyboard
Membuka File yang
sudah Tersimpan
Ada beberapa cara untuk membuka file yang telah tersimpan
dalam folder komputer kalian, antara lain :
1. Click
icon atau tekan Alt+F Ã Open
2. Tekan
Ctrl+O pada keyboard
Dari ketiga cara di atas, akan
menghasilkan tampilan kotak dialog Open File, pilih file yang ingin dibuka
dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu. Click tombol Open, maka file yang dipilih akan dibuka oleh
Microsoft Word.
Menyimpan Dokumen
Segera
setelah memulai penulisan sebuah dokumen sedapat mungkin dilakukan penyimpanan.
Hal ini bertujuan untu menghindari dari hilangnya dokumen.
Ada beberapa cara
untuk menyimpan file dalam folder komputer kalian, antara lain:
1. Click
icon atau tekan Alt+F Ã Save As
2. Klik icon Save pada ribbon
3. Tekan Ctrl+S pada keyboard
Kemudian akan ditampilkan kotak
Dialog Save As. Ketikkan nama file dokumen anda, dan Click Save.
Menutup File Dokumen
1.
Click icon atau tekan Alt+F Ã Close
2.
Klik icon pada ribbon
Menutup Jendela
Microsoft Word
Pada saat menutup
jendela Microsoft word, anda pastikan terlebih dahulu bahwa dokumen telah
tersimpan dengan benar.
1. Click
icon atau tekan Alt+F Ã Exit Word
2.
Click pada kanan atas dari jendela
Microsoft Word
Mengedit Teks
Jika
anda membuat kesalahan selama penulisan teks, Anda dapat memperbaikinya dengan
:
1.
Tekan tombol BacksSpace pada keyboard
untuk menghapus satu karakter di kiri titik sisip.
2.
Tekan tombol Delete pada
keyboard untuk menghapus karakter di kanan titik sisip.
3. Tekan Ctrl+Y pada keyboard, untuk melakukan pengualangan teks
(repeat).
4. Tekan Ctrl+Z pada keyboard atau klik icon Undo pada ribbon,
untuk menghapus teks
5. Untuk pindah ke baris baru tanpa
menyisipkan sebuah tanda paragraf, tekan tombol Shift+Enter.
Mengcopy Teks
Untuk
meng-copy teks yang anda pilih ke lokasi lain, lakukan :
1.
Block teks yang akan anda copy
2.
Click icon copy pada ribbon
3.
Click icon paste pada
ribbon
Selain cara copy-paste di atas, ada juga cara lain dengan
menggunakan keyboard. Untuk mengcopy gunakan Ctrl+C sedangkan untuk
paste gunakan Ctrl+V.
Memformat Teks
Anda dapat mengatur format teks
dengan menggunakan salah satu cara berikut ini :
1.
Block teks yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai yang anda
inginkan.
2.
Tempatkan kursor pada posisi awal kemudian mengatur formatnya. Dengan cara ini,
semua teks yang Anda ketik mulai dari posisi awal akan mengikuti format yang
Anda pilih sampai Anda melakukan perubahan kembali atau memindahkan posisi
kursor ke bagian lain dari dokumen.
Breaks
Kadang dalam menulis naskah ada suatu halaman atau kolom yang
belum terisi sementara kita harus berpindah ke halaman lain. Hal ini dapat
dilakukan dengan mudah tanpa harus menekan tombol enter berulang kali. Caranya
dengan menggunakan ribbon Insert à page break atau page layout à breaks à page atau cukup dengan menggunakan hotkey Ctrl+Enter
Membuat Kolom Berita
Langkah – Langkah untuk membuat kolom berita :
1. Click menu tab Page Layout pada ribbon
2. Pilih Columns yang terletak
pada ribbon Page Setup
3. Pilih banyak pembagian kolom
yang anda inginkan
Membuat Table
Untuk membuat table biasanya kita lebih mudah dengan
menggunakan Microsoft Excel. Akan tetapi Microsoft Word juga menyediakan
fasilitas untuk membuat sebuah table. Dimana dalam pembuatan table-nya
terhitung lebih mudah daripada dengan menggunakan Word 2003.
Langkah – Langkah pembuatan table :
1. Klik
menu Insert pada ribbon
2. Pilih
icon table , kemudian Insert Table
Dalam pembuatan sebuah table
disediakan beberapa menu tambahan, antara lain :
1.
Insert
Dengan menu Insert
kita dapat menambahkan kolom, baris, dan cell pada saat pembuatan table.
Langkah-Langkah :
Klik kanan pada table à Insert à Insert …… (sesuai yg anda inginkan)
2.
Merge
Dengan Merge kita
dapat menggabungkan beberapa kolom/baris menjadi satu.
Langkah-Langkah :
a.
Block baris atau kolom yg anda inginkan terlebih dahulu
b. Klik
kanan à Merge Cells
3. Table properties, digunakan untuk mengatur
tampilan table.
Langkah-Langkah :
a.
Block tabel terlebih dahulu
b.
Klik kanan à Table Properties
Mengatur Halaman Saat Mengetik Makalah
Pada Microsoft Word 2007
Pernahkah Anda
mengetik makalah yang lengkap dengan cover, halaman pengesahan, kata pengantar,
daftar isi, abstrak, dan sebagainya? Untuk kategori halaman depan tersebut,
biasanya halaman dimulai dari halaman i (bukan 1), ii, iii, iv, dan seterusnya.
Sedangkan ketika mulai dari Bab I, barulah halaman dimulai dari 1 dan kemudian
2, 3, dst.
Biasanya, kita akan
membuat 2 buah file terpisah, yaitu untuk halaman depan dan untuk halaman isi.
Satu file dengan format halaman i, ii, iii, dan seterusnya, sedang file yang
lain dimulai dari 1, 2, 3, dan seterusnya.
Selain itu, ketika
pada suatu halaman pada makalah ingin ditampilkan suatu halaman yang
orientasinya landscape, kita juga sering bingung dan memisahkannya ke
file yang lain lagi.
Dengan menggunakan
Microsoft Word, Anda bisa melakukan hal-hal di atas tanpa memisahkan dokumen ke
berbagai file berbeda. Program yang saya gunakan adalah Microsoft Word
2007 Home & Student.
Memberi 2 Jenis Nomor Halaman yang Berbeda Pada Dokumen yang
Sama
Pertama, biar mudah,
mari buat sebuah halaman cover, dan sebuah halaman isi.
Selanjutnya, saya
akan sebut halaman yang tulisannya “JUDUL MAKALAH” sebagai halaman depan dan
yang tulisannya “BAB I” sebagai halaman isi. Anda perhatikan? Sekarang buka tab
“Page Layout” dan pada group “Page Setup”, cari tulisan “Breaks”. Klik bagian
tersebut, ada beberapa pilihan seperti di bawah ini.
Klik pada sub menu
“Next Page”. Halaman dibawah akan tergeser satu. Atur kembali posisinya.
Kemudian, letakkan kursor di halaman cover. Klik tab “Insert” kemudian, pada
group “Header & Footer”, pilih “Page Numbers”. Pada menu yang muncul, pilih
“Format Page Numbers…”, gunakan setting sebagai berikut.
Klik OK. Kemudian,
tambahkan nomor halaman pada menu yang sama. Atur posisinya sesuai dengan
keinginan Anda. Misalnya, di sudut kiri bawah. Perhatikan hasilnya.
Lho, kok masih sih?
Halaman 2 nya kan seharusnya 1, bukan ii? Eh, lho, kok halaman 2 halamannya i
juga sih? Oke, oke, tenang. Sekarang pindahkan kursor ke halaman isi. Buka
“Format Page Numbers…” dengan langkah-langkah seperti di atas. Gunakan setting
berikut.
Klik OK, dan Anda
akan lihat semuanya telah seperti yang diinginkan .
Sebenarnya apa yang
telah terjadi?
Ketika meng-klik
menu “Next Page” pada langkah-langkah awal tadi, Anda telah mendefinisikan
sebuah section yang berbeda dengan section tempat Anda. Ketika
Anda mengetik dokumen pertama kali, secara otomatis semua halaman diberi nama section
1. Ketika mengklik menu tersebut, Anda telah membuat section baru
bernama section 2. Kedua section tersebut bisa dibedakan format
halamannya. Demikian juga dengan format lainnya (orientasi halaman misalnya).
Anda bisa menambahkan section-section yang lain jika diperlukan.
Menyisipkan Halaman Landscape di Tengah-tengah Halaman
Portrait (dan sebaliknya)
Sekarang, mari selesaikan
kasus kedua. Pada halaman 2 (berarti halaman 3 jika halaman depan dianggap
halaman 1) misalnya Anda ingin menambahkan sebuah halaman tabel dengan
orientasi halaman mendatar. Bagaimana caranya.
Sama, pertama yang
harus Anda lakukan adalah buat section baru. Sudah tahu caranya kan?
Klik “Next Page” seperti yang telah dijelaskan di awal. Setelah itu cari tab
“Page Layout”, kemudian pada halaman yang diinginkan, cari group “Page Setup”
dan klik pada menu “Orientation”. Pilih “Landscape”, dan jreng-jreng! Halaman
Landscape tersisip ditengah-tengah halaman Portrait.
Tunggu, tunggu. Kok
halamannya jadi ngaco? Halaman yang seharusnya 2 jadi tetap halaman 1. Oke.
Buka lagi pada “Format Page Numbers”, kemudian silakan centang pilihan “Continue
from previous section” dan klik OK. Nomor halaman akan kembali melanjutkan
halaman sebelumnya.
Lalu, bagaimana
kalau mau mengetik dengan orientasi Portrait lagi? Mudah saja. Buat section
baru lagi dengan meng-klik “Next Page” seperti langkah-langkah awal di atas.
Akan tercipta halaman baru yang masih Landscape bukan? Atur kembali
orientasinya menjadi Portrait, seperti langkah sebelumnya. Halaman akan kembali
berubah orientasinya.
Masih terganjal
dengan nomor halaman? Lakukan langkah yang sama. Buka “Format Page Numbers…”
dan atur pada pilihan “Continue from previous section”.
Dengan begini, Anda
tidak perlu memisahkan halaman-halaman dengan format nomor yang berbeda ke file
yang berbeda. Cukup menggunakan satu file saja.
BAB II
PENUTUP
1. Saran
Dalam mempelajari Microsoft Word 2007
sebaiknya anda senang dulu dan jangan hilang semangat saat mempelajarinya.
2. Kesimpulan
Program Microsoft Word 2007 adalah
program pengolah kata yang sangat dinamis dan mudah dalam menjalankannya.
Microsoft Word 2007 juga akan sangat membantu pekerjaan pegawai kantor ataupun
pelajar.
DAFTAR PUSTAKA
http://penaone.blogspot.com/2011/04/makalah-microsoft-word-2007.htmls
http://www.scribd.com/doc/26804232/Artikrl-Microsoft-Word-2007
jawaposting.blogspot.com/2011/04/pengertian-microsoft-word.html
http://www.scribd.com/doc/28085068/Penggunaan-Microsoft-Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Selamat Datang Di Blogger Ignasius Fandy Jayanto