Data Pribadi Saya

Nama Pemilik: Ig Fandy Jayanto

Alamat Rumah: Seputih Banyak, Kab. Lampung Tengah


Riwayat Pendidikan:

SD N 1 Sumber Baru
SMP N 1 Seputih Banyak
SMA Paramarta 1 {jurusan Ipa 1}
S1 di UM Metro {jurusan FKIP Matematika}

sedang menempuh pendidikan di Universitas Lampung (Unila)

Pekerjaan:
Guru di SMP Paramarta 1 Seputih Banyak
.........
.........
.........


Jumat, 04 Mei 2012

Tips Membuat Komputer Tetap Prima


Tips Membuat Komputer Tetap Prima

Ya betul, sudah banyak orang yang memberikan tips bagaimana cara mengoptimalkan penggunaan komputer. Mungkin sudah banyak yang bosan juga mendengar tips ini :). Sekarang saya juga ingin berbagi tips seperti itu juga berdasarkan pengalaman saya bagaimana membuat komputer kita tetap prima. Prima di sini maksud saya adalah komputer kita bisa tetap cepat saat digunakan (diakses) alias tidak lemot. Langsung saja cek tipsnya di bawah :
1. Bersihkan komputer dari file-file sampah
Semakin lama digunakan, semakin banyak file-file sampah yang menumpuk di komputer kita. File-file sampah tersebut bisa berupa file temporary, file log, file sisa instalasi progam, dll. File-file sampah tersebut bisa menggangu performa komputer kita karena sedikit banyak akan membuat komputer kita menjadi lambat ketika digunakan. Di sistem operasi Windows sendiri disediakan fitur untuk membersihkan file-file sampah yaitu Disk Cleanup. Selain itu masih banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk membersihkan komputer kita diantaranya CCleaner, Advanced System Care, TuneUp Utilities, dan AVG PC TuneUp.
Untuk saya pribadi saya memercayakan CCleaner dan Advanced System Care karena penggunaannya yang mudah tidak njelimet tetapi mempunyai opsi yang cukup lengkap untuk membersihkan komputer kita. Di Advanced System Care juga ada satu fitur yang saya suka yaitu Deep Scan. Fungsinya adalah untuk memindai registry komputer dengan lebih dalam dan melakukan pembersihan sehingga registry komputer menjadi lebih bersih dan sehat.
2. Defragmentasi harddisk secara berkala
Dari yang saya kutip di Wikipedia bahwa Defragmentasi adalah sebuah proses untuk menangani berkas-berkas yang mengalami Fragmentasi Internal. Sebuah berkas dikatakan terfragmentasi mana kala berkas tersebut tidak menempati ruangan yang saling berdekatan dalam penyimpanan fisik. Fragmentasi dapat menyebabkan subsistem media penyimpanan melakukan operasi pencarian data yang lebih banyak, sehingga dengan kata lain berkas terfragmentasi dapat memperlambat kerja sistem, khususnya pada saat melakukan operasi yang berkaitan dengan media penyimpanan.
Selain dapat memperlambat kerja sistem, Fragmentasi juga dapat mengurangi kapasistas media penyimpanan (harddisk) karena file-file yang tersimpan dalam harddisk tidak tersimpan secara efisien atau tidak berada saling rapat antara satu file dan file yang lainnya sehingga masih ada ruang lowong yang tidak termanfaatkan. Maka dari itu penting untuk melakukan defragmentasi secara berkala.
Di sistem operasi Windows sudah disediakan fitur untuk melakukan defragmentasi yaitu Disk Defragmenter. Selain itu ada juga aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan defragmentasi diantaranya Defraggler, IObit Smart Defrag, Ultra Defrag dan Auslogics Disk Defrag. Kalau saya pribadi menggunakan Auslogics Disk Defrag karena defragmentasinya cepat dan punya fitur optimize harddisk.
3. Jaga komputer dari ancaman Malware
Persoalan tentang malware (malicious software) baik itu virus, worm, trojan horse, spyware, rootkit, dsb bukan merupakan persoalan yang baru, apalagi pengguna sistem operasi Windows :D. Seperti yang kita tahu beberapa malware payload yang merugikan pengguna komputer adalah komputer yang menjadi lambat saat di akses dan file sistem dan dokumen yang menjadi rusak. Maka dari itu penting untuk menjaga komputer kita dari ancaman malware, terutama untuk mencegah karena jika sudah terinfeksi maka penangannya akan lebih sulit.

Untuk pencegahannya bisa kita gunakan bantuan aplikasi-aplikasi anti virus, anti malware, anti spyware, dsb baik aplikasi buatan luar negeri seperti AVG Anti Virus, Avast Anti Virus, Avira Anti Virus, dan Malwarebytes Anti Malware maupun aplikasi buatan dalam negeri seperti PCMAV, SMADAV, dan ANSAV. Saya pribadi memercayakan aplikasi anti virus kepada AVG dan PCMAV. Gabungan proteksi keduanya sangat baik menurut saya. Selain itu walaupun versi AVG yang saya gunakan adalah versi gratisnya tetapi di versi gratisnya tersebut sudah include anti spyware, trojan horse, worm, dan rootkit jadi cukup lengkap.
Selain dengan menggunakan aplikasi-aplikasi di atas, perlu diperhatikan juga hal-hal lain dan perilaku kita sendiri agar dapat menjaga komputer dari infeksi malware, apakah itu? Diantaranya yaitu dengan menonaktifkan fungsi Autorun pada Windows, jangan asal main colok flashdisk ke komputer, dan selalu periksa (scan) file yang kita dapat dari internet dengan Anti Virus.
***
Ketiga hal di atas adalah hal-hal yang saya lakukan agar komputer yang saya gunakan bisa selalu prima dan hasil yang saya rasakan memang baik. Semoga yang saya berikan di atas bisa bermanfaat. Jika ada yang ingin menambahkan atau mengoreksi, jangan sungkan, silakan sampaikan via komentar di bawah. Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang Di Blogger Ignasius Fandy Jayanto