Microsoft Excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007.
Dari pertama kali dirilis, Excel menggunakan format
berkas biner yang disebut dengan
Binary Interchange File Format (BIFF) sebagai format berkas utamanya. Hal ini berubah
ketika Microsoft merilis Office System 2007 yang memperkenalkan Office Open XML sebagai format berkas utamanya.
Office Open XML adalah sebuah berkas kontainer berbasis XML yang mirip dengan
XML Spreadsheet (XMLSS), yang diperkenalkan pada Excel 2002. Berkas versi XML
tidak dapat menyimpan macro VBA.
Meskipun mendukung format XML
yang baru, Excel 2007 masih mendukung format-format lamanya yang masih berbasis
BIFF yang tradisional. Selain itu, kebanyakan versi Microsoft Excel juga
mendukung format Comma Separated Values (CSV), DBase File (DBF), SYmbolic LinK (SYLK), Data Interchange Format (DIF) dan banyak format lainnya, termasuk di antaranya
format worksheet milik Lotus 1-2-3 (WKS, WK1, WK2, dan
lain-lain) dan Quattro Pro.
I.
Tool
bar :
1.
Menu bar, berisi sederetan menu yang mempunyai sub menu
masing – masing sesuai dengan fungsi dari menu induknya.
2.
Toolbars
standard, berisi sederetan icon
yang akan sering digunakan.
3.
Toolbar
Formatting, adalah toolbar yang
fungsi dalam hal memformat lembar kerja.
4.
Row
Heading (kepala garis), adalah
penunjuk lokasi garis pada lembar kerja yang aktif.
5.
Column
Heading (kepala kolom), adalah
penunjuk lokasi kolom pada lembar kerja yang aktif.
6.
Cell
pointer (penunjuk sel), adalah
penunjuk sel yang aktif. Sel adalah perpotongan antara kolom dengan baris.
7.
Formula
Bar, adalah tempat kita untuk
mengetikkan rumus-rumus yang akan kita gunakan nantinya.
8.
Scroll
Bar, berfungsi untuk menggeser
lembar secara vertical (vertical scrool bar) dan horizontal (horizontal scrool
bar).
II.
Bentuk
Masukan
Terdapat tiga cara
untuk memasukan data dalam spreadsheet yaitu :
·
Memasukkan
data melalui keyboard (entry)
·
Mengambil
dari isi cell yang telah ada pada worksheet (copy atau move)
·
Mengambil
dari file lain(file import)
Di dalam pengisian ini dikenal beberapa bentuk data
masukan, yang berupa:
§ Teks
§ Angka
§ Penanggalan
§ Formula
§ Data series
§
2.
Mengedit
Cell
1. Untuk
menyisipkan baris
1.
Letakkanlah
penunjuk mouse di sel mana saja pada lokasi baris di mana akan disisipkan baris
baru.
2.
Pilih dan
klik menu insert, Rows.
2. Untuk menyisipkan kolom
1. Letakkanlah penunjuk mouse di sel mana saja
pada lokasi kolom di mana akan disisipkan baris baru.
2.
Pilih dan
klik menu insert, columns
3. Menggunakan perintah Copy
a. Sorotlah terlebih
dahulu sel / range yang kan disalin
b. Pilih dan klik menu
edit, copy atau cukup dengan menekan tombol Ctrl+ C
c. Pindahkan penunjuk
sel ke lokasi yang diinginkan
d. Pilih dan klik
menu edit, paste atau dengan menekan tombol Ctrl+V
4. Memindahkan data
(cut)
4. Menggunakan perintah Cut
b Sorotlah terlebih
dahulu sel / range yang kan disalin
c Pilih dan klik menu
edit, cut atau cukup dengan menekan tombol Ctrl + X
d. Pindahkan penunjuk
sel ke lokasi yang diinginkan
e. Pilih dan klik
menu edit, paste atau dengan menekan tombol Ctrl+V
5.Membuat Table
·
Buka menu Format
dan pilih Cells.
·
Pada tab
border , pilih bagian dari cell yang akan dipertebal garis untuk dijadikan
table.
·
Pada tab
Patterns, memberi warna dan motif dari suatu cell.
6.Fungsi
1. Fungsi Logika
Fungsi AND, Or, dan NOT
Fungsi AND akan
menghasilkan nilai True jika semua kondisinya terpenuhi. Sedangkan OR akan
menghasilkan True apabila dua kondisinya terpenuhi. Dan NOT menyangkal sebuah
kondisi.
2. Fungsi IF Bercabang
Fungsi
IF bercabang merupakan pengembangan dari bentuk fungsi IF tunggal yang digunakan
untuk menyelesaikan permasalahan yang cukup kompleks. Contoh : =IF(Nilai
<>
3. Fungsi String
1.
VALUE,
digunakan untuk merubah nilai teks numberik menjadi nilai value (bersifat
bilangan).
2.
FIND,
digunakan untuk menghasilakan posisi substring dari sebuah string.hasil dari
fungsi ini adalah suatu nomor dari karakter yang dicari. Penulisannya FIND(cari
teks, pada teks, mulai nomor).
3.
MID,
digunakan untuk mengambil karakter tertentu dari sederet karakter.
4.
LEFT dan
RIGHT, Fungsi LEFT digunakan untuk mengambil substring dari sebelah kiri
string. Sedangkan Fungsi RIGHT digunakan untuk mengambil substring dari sebelah
kanan substring.
5.
REPLACE,
digunakan untuk menggantikan substring dengan substring lainnya.
6.
CONCATENATE,
digunakan untuk menggabungkan string untuk menjadi suatu kalimat.
7. Fungsi Tanggal dan Waktu
1.
Fungsi DATE,
digunakan untuk memasukkan tanggal ke dalam suatu sel.
2.
Fungsi YEAR,
MONTH, DAY, digunakan untuk mengambil tahun, bula, dan tanggal
3.
Fungsi NOW
dan TODAY, NOW digunakan mengambil tanggal dan waktu dari system dengan format
default mm/dd/yy. Fungsi TODAY hanya mengambil tanggal dari system computer
dengan format default mm/dd/yy.
4.
Funsi TIME,
digunakan untuk memasukkan waktu ke sebuah sel atau mengubah angka serial waktu
ke dalam waktu tertentu.
5.
Fungsi HOUR,
MINUTE, SECOND. HOUR digunakan mengambil jam dari sebuah penulisan waktu atau
dari angka serial waktu. MINUTE digunakn mengambil menit dari sebuah penulisan
waktu. SECOND digunakan mengambil detik dari sebuah penulisan waktu.
6.
Fungsi
DATEVALUE dan TIMEVALUE. Fungsi DATEVALUE mengubah nilai tanggal antara 1
januari 1990 dan 31 desember 2007 menjadi serial angka. Fungsi TIMEVALUE
mengubah waktu menjadi serial angka dalam bentuk decimal antara 0 dan 1.
7. Fungsi
Tabel
1.
HLOOKUP(Lookup_value,
Table_array, row_index_num,……)
2.
VLOOKUP(Lookup_value,
Table_array, col_index_num,……)
Fasilitas
yang disediakan Microsoft Excel, untuk mengurangi kesalahan penulisan rumus:
·Klik Cell yang dituju
·Pilih menu insert dan klik Function sehingga
muncul kotak dialog Paste Funticion
·Pada daftar Funcition category, klik Lookup &
Refence dan pada Funtion name klik VLOOKUP lalu klik OK
·Lookup_value diisi dengan cell kunci yang akan
dibandingkan dengan table.
·Table_array diisi dengan range table data yang
akan dibaca.
·Col_index_num diisi nomor indeks kolom yang akan
diambil datanya
·Klik OK.
8. Fungsi yang sering digunakan
1. Fungsi Sum(…)
Digunakan
untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range.
2. Fungsi Averange(….)
Digunakan
untuk mencari nilai rata – rata dari sekumpulan data(range).
3. Fungsi Max(…)
Digunakan
untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data(range).
4. Fungsi Min(…)
Digunakan
untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data(range).
5. Fungsi Count(…)
Digunakan
untuk menghitung jumlah data dari suatu range yang kita pilih.
6. Fungsi STDEV(…)
Digunakan
untuk menentukan standar deviasi dari suatu data (range).
7. Fungsi Var(..)
Digunakan
untuk menentukan nilai variance dari suatu data(range).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Selamat Datang Di Blogger Ignasius Fandy Jayanto